TINJAUAN YURIDIS DALAM PERJANJIAN PANDAI EMAS DI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR TERHADAP KONSUMEN

DIVA ADELLIYA, NIM. 502017411 (2021) TINJAUAN YURIDIS DALAM PERJANJIAN PANDAI EMAS DI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR TERHADAP KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017411_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017411_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Bentuk penggunaan emas dalam bidang moneter lazimnya berupa bulion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat gram sampai kilogram. Emas merupakan logam mulia yang langka dan bernilai tinggi dan untuk mendapatkannya cukup sulit sehingga harganya sangat mahal. Emas yang biasa dijual dipasaran kualitasnya sangat tergantung pada perusahaan yang memproduksinya. Terutama untuk emas-emas yang diperoleh dengan cara pelapisan atau yang disebut penyepuhan. Hal ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dimana cincin atau gelang emas yang kilaunya memudar. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya membeli emas atau gelang dari tempat atau perusahaan yang dipercaya, walaupun harganya sedikit lebih mahal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan kerajinan panndai emas masyarakat Kelurahan Tanjung Batu dan faktor-faktor yang mempengaruhi bertahannya keahlian pandai emas di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan ilir. Adapun jenis penelitian skripsi ini tergolong penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi lapangan dan penelitian kepustakaan , yaitu : peraturan perundang-undangan dan jurnal-jurnal hukum. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa kewajiban tanggunng jawab penjual emas terhadap konsumen adalah menanggung benda yang menjadi objek transaksi jual belih secara aman dan tentram, bertanggung jawab dan menjamin penjualan emas tidak rusak atau cacat sampai ke tangan konsumen. Dan kendala penghambat keahlian pandai emas di kelurhan Tanjung Batu, terhadap pengrajin emas di karenakan pemasaran dan modal usaha dan kendala pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rosmawati, SH., MH 2. Burhanuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Pemasaran, Emas
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:58
Last Modified: 08 Jun 2021 06:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16549

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.