EFEKTIVITAS DAN MANFAAT PIDANA DENDA DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEJAHATAN

ADI SEPRI DIAN HARJI, NIM. 502014352 (2021) EFEKTIVITAS DAN MANFAAT PIDANA DENDA DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEJAHATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502014352_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502014352_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Tujuan yang bermaksud untuk mengetahui efektivitas dan manfaat pidana denda dalam penanggulangan tindak pidana kejahatan. Untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah manfaat pidana denda dalam upaya penanggulangan tindak pidana kejahatan dan Apakah efektif pelaksanaan pidana denda dalam upaya penanggulangan tindak pidana kejahatan. Penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif sehingga tidak berkehendak menguji hipotesis. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan : Manfaat pidana denda dalam upaya penanggulangan tindak pidana korupsi adalah : a. tidak menimbulkan stigma atau cap jahat bagi terpidana, b. Dapat dihindarinya pengaruh-pengaruh buruk dari penjara, c. Negara mendapatkan pemasukan, d. Proses pelaksanaan hukumnya lebih mudah dan murah Dan Efektivitas pelaksanaan pidana denda dalam upaya penanggulangan tindak pidana korupsi, harus dapat menimbulkan efek jera bagi pelaku tindak pidana korupsi, karena selain membayar denda, pelaku tindak pidana korupsi juga harus menjalani pidana penjara dan mengembalikan kerugian keuangan negara, apabila pidana denda tidak dibayar harus menjalani pidana kurungan. Namun dalam kenyataan pidana ganti kerugian (denda) kurang efektif karena tidak memberikan efek jera bagi pelaku tindak pidana korupsi, hal ini terbukti dengan masih banyaknya tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Atika Ismail, SH., MH 2. Burhanuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Denda, Tindak Pidana, Kejahatan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:43
Last Modified: 03 Jun 2021 03:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16547

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.