PENEGAKAN HUKUM KORBAN AKSI DEMONSTRASI TERHADAP TINDAKAN REPRESIF APARATUR KEPOLISIAN

MOHAMMAD NUGRAHA PRATAMA, NIM : 502017087 (2021) PENEGAKAN HUKUM KORBAN AKSI DEMONSTRASI TERHADAP TINDAKAN REPRESIF APARATUR KEPOLISIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017087_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
502017087_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Penegakan Hukum Korban Aksi Demonstrasi Terhadap Tindakan Represif Aparatur Kepolisian Oleh: Mohammad Nugraha Pratama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami prosedur dan tindakan yang seharusnya dilakukan serta upaya apa yang telah dilakukan oleh anggota Polri dalam rangka mengurangi adanya tindakan kekerasan atau represif oleh pihak kepolisian dalam pelayanan aksi unjuk rasa yang akhir-akhir ini kerap berakhir bentrok dengan massa pengunjuk rasa. Data dalam penelitian ini diperoleh data sekunder melalui kepustakaan , internet , buku-buku, dokumen – dokumen resmi dan lain lain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadinya tindakan represif anggota kepolisian berupa tindak kekerasan disebabkan oleh faktor adanya penyerangan massa terhadap aparat yang memancing emosi dari pihak kepolisian yang melakukan pengamanan, adanya anggota polisi tidak mengikuti perintah pimpinan dan SOP yang berlaku, serta rendahnya pengetahuan aparat terhadap referensi peraturan dalam penanggulangan aksi unjuk rasa. Adapun upaya penanggulangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam menangani tindak kekerasan tersebut tidak jauh beda dengan kejahatan lainnya, dari tahap penyelidikan sampai penyelesaian berkas perkara dan jika terbukti melakukan pelanggaran, maka anggota Polri tersebut dikenakan sanksi berdasarkan pelanggaran yang dilakukan baik pelanggaran disiplin, kode etik dan pelanggaran pidana. Selain itu, upaya pencegahan (preventif) yang dilakukan oleh aparat kepolisian berupa pembinaan mental, kepribadian, kejiwaan, keagamaan dan pengetahuan profesi bagi setiap anggota Polri secara rutin, pemberian arahan pimpinan sebelum melakukan pengamanan dalam massa pengunjuk rasa, serta mengutamakan dengan massa pengunjuk rasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Koesrin Nawawie A.,SH., MH 2. Yudhistira Rusydi, S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penegakan Hukum, Korban Aksi Demonstrasi, Tindakan Represif Aparatur Kepolisian.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:46
Last Modified: 19 Aug 2021 05:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16535

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.