FUNGSI DAN WEWENANG BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUKAPULIH KECAMATAN PEDAMARAN

REGINA FIRRISQILINA, NIM : 502017351 (2021) FUNGSI DAN WEWENANG BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUKAPULIH KECAMATAN PEDAMARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017351_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
502017351_BAB II_SAMPAI BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK FUNGSI DAN WEWENANG BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUKAPULIH KECAMATAN PEDAMARAN Oleh Regina Firrisqilina Penelitian ini berjudul “Fungsi dan Wewenang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran dalam Pembentukan Peraturan Desa .” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi dan wewenang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pembentukan Peraturan Desa di Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran dan Hubungan antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Kepala Desa dalam pembentukan Peraturan Desa di Sukapulih Kecamatan Pedamaran. Metode penelitian ini termasuk metode penelitian Deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dengan membaca buku, dokumen-dokumen, undang-undang dan media informasi lain yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti, dan observasi yaitu mengamati secara langsung objek yang diteliti serta interview dan wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran, Narasumber atau informan dalam penelitian ini adalah adalah ketua BPD Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran, anggota BPD Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran, Kepala Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran dan masyarakat Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran. Analisis data dalam penelitian menggunakan model pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fungsi Badan Permusyawaratan Desa adalah BPD membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa penyelenggaraan pemerintahan di desa. Dalam Pelaksanaan fungsi legislasinya BPD Desa Sukapulih Kecamatan Pedamaran telah melakukan fungsinya dengan maksimal sedangkan Pelaksanaan fungsi BPD Desa Sukapulih dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat masih belum bisa dikatakan maksimal, hal ini disebabkan karena kendala-kendala yang dialami BPD Desa Sukapulih dan kurangnya pemahaman terhadap fungsi ini. Pelaksanaan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh BPD Desa Sukapulih juga belum dilakukan secara maksimal karena kurangnya pemahaman BPD terhadap fungsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. H. Syarozi, SH.,M.Hum 2. Hj. Siti Mardiyati, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fungsi dan Wewenang BPD, Peraturan Desa, Desa Sukapulih.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Negara dan Bangsa
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 29 May 2021 03:38
Last Modified: 29 May 2021 03:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.