PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA OUTSOURCING PADA BANK BNI SYARIAH KC KM 12 PALEMBANG

Rusi Madona, NIM.502017178 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA OUTSOURCING PADA BANK BNI SYARIAH KC KM 12 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017178_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017178_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Outsourcing Pada Bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang RUSI MADONA Pekerja outsourcing yang bekerja dari lembaga penyedia layanan penempatan buruh dilindungi secara hukum. Beberapa hal penting misalnya, kepastian hubungan kerja, pengupahan kesejahteraan telah diatur dalam UU 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam UU Ketenagakerjaan disebutkan bahwa lembaga pelayanan penempatan buruh swasta wajib berstatus badan hukum dan memiliki izin tertulis dari menteri tenaga kerja atau pejabat yang ditunjuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perlindungan hukum terhadap pekerja outsourcing ada Bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang dan Kendala yang terjadi dalam perlindungan hukum terhadap pekerja outsourcing pada bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang, yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari penelitian kepustakaan (library research), dalam usaha mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yang relevan yaitu berupa buku-buku, hasil penelitian dan hasil karya (ilmiah) sedangkan data lapangan (field reserch), diperoleh melalui wawancara pihak Bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan secara tekstual, lalu dikonstruksikan secara kualitatif, untuk selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Perlindungan hukum terhadap pekerja outsourcing pada Bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang yaitu diberikannya jaminan terpenuhinya hak-hak pekerja outsourcing berupa gaji, upah lembur, hak libur berupa cuti dan adanya jaminan sosial tanpa diskriminasi. 2. Kendala yang terjadi dalam perlindungan hukum terhadap pekerja outsourcing pada bank BNI Syariah KC KM 12 Palembang sebagai berikut: a. Pekerja outsourcing itu kurang disiplin dengan kewajibannya. b. Perusahaan outsourcing menjadikan pekerja outsourcing untuk memberikan informasi perusahaan tempatnya bekerja. c. Kontrak kerja pekeerja outsourcing yang relatif singkat akan membuat perusahaan kerepotan untuk sering memperbarui kontrak kerja. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pekerja Outsourcing, Bank BNI Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Abdul Hamid Usman, S.H.,M.Hum. 2. Burhanuddin, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pekerja Outsourcing, Bank BNI Syariah.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 May 2021 02:31
Last Modified: 28 May 2021 02:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16493

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.