STUDI SISTEM PENGAIRAN PADI RAWA PASANG SURUT DI DESA TELANG MAKMUR KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

APRI YATMOKO, NIM. 412015063 (2021) STUDI SISTEM PENGAIRAN PADI RAWA PASANG SURUT DI DESA TELANG MAKMUR KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015063 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
412015063 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

RINGKASAN APRI YATMOKO. “Studi Sistem Pengairan Padi Rawa Pasang Surut Di desa Telang Makmur Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin “. (Dibimbing oleh RAFEAH ABUBAKAR dan HARNIATUN ISWARINI). Pangan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan perekonomian dalam negeri. Pada kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, terjadi kelumpuhan dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan. Salah satu alternatif yang dilakukan Pemerintah adalah melalui kegiatan ekstensifikasi pertanian ke wilayah rawa pasang surut, namun permasalahannya adalah pada pengembangan sistem irigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengairan padi rawa pasang surut, beserta kendala dan besaran pendapatan petani di Desa Telang Makmur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang, dengan metode pengumpulan data menggunakan instrumen dan wawancara, serta data sekunder sebagai penunjang. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskrtiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sistem pengairan yang digunakan oleh sebagian besar petani padi rawa pasang surut adalah air tadah hujan dan pompa air, dibandingkan dengan sistem pengairan irigasi. Kendala sistem pengairan irigasi adalah banyaknya kerusakan area irigasi, sehingga tidak mampu menyediakan air secara optimal dan stabil pada lahan pertanian. Pendapatan yang diperoleh petani padi rawa pasang surut di Desa Telang Makmur Kecamatan Muara Telang rata – rata sebesar Rp. 9.898.823,- per masa tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Rafeah Abubakar,M.Si 2. Harniatun Iswarini, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: kata kunci : pengairan padi rawa pasang surut
Subjects: Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 27 May 2021 07:05
Last Modified: 27 May 2021 07:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.