ANALISIS PERBEDAAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI SEBELUM DAN PADA MASA PEREMAJAAN (REPLANTING) KELAPA SAWIT DI DESA BALIAN MAKMUR KEC. MESUJI RAYA KAB. OGAN KOMERING ILIR

ARI WIBOWO, 412016107 (2021) ANALISIS PERBEDAAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI SEBELUM DAN PADA MASA PEREMAJAAN (REPLANTING) KELAPA SAWIT DI DESA BALIAN MAKMUR KEC. MESUJI RAYA KAB. OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016107_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
412016107_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Sebelum Dan Pada Masa Peremajaan (Replanting ) Kelapa Sawit Di Desa Balian Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Untuk Mengetahui Upaya Yang Dilakukan Oleh Rumah Tangga Petani Dalam Memperoleh Pendapatan Lain Pada Masa Peremajaan (Replanting) Di Desa Balian Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan responden rumah tangga petani kelapa sawit yang melakukan peremajaan (replanting) di Desa Balian Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitian ini ada 49 petani kelapa sawit. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa analisis perbedaan kesejahteraan rumah tangga petani kelapa sawit sebelum dan pada masa peremajaan (replanting) kelapa sawit mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini membuat tingkat kesejahteraan rumah tangga petani dari kriteria kaya menjadi kriteria cukup. Upaya yang dilakukan rumah tangga petani kelapa sawit dalam memperoleh pendapatan pada masa peremajaan (replanting) kelapa sawit meliputi menggarap kebun karet milik pribadi, menjadi buruh tani, menjadi buruh bangunan, berdagang dan berusahatani palawija.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr.ir.Sutarmo Iskandar,M.S.,MSi Pembimbing 2.Innike Abdillah Fahmi,S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis kesejahteraan, Pendapatan, Peremajaan, Kelapa sawit
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 28 May 2021 07:03
Last Modified: 28 May 2021 07:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.