ANALISIS PEMASARAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA MULYO REJO KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

AIDATUL NURJANAH, 412016018 (2021) ANALISIS PEMASARAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA MULYO REJO KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
412016018 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
412016018 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)

Abstract

ABSTRAK AIDATUL NURJANAH, Analisis Pemasaran Semangka (Citrullus Lanatus) di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. (Dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA dan YULLIAH PEROZA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran semangka non biji dan untuk menghitung elastisitas transmisi harga semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Pada Bulan Desember 2020 sampai dengan Februari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode sensus (Sampling Jenuh) dan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, coding dan tabulating. Analisis data yang digunakan adalah elastisitas transmisi harga yang diolah menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 saluran pemasaran semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu: Saluran I dari petani ke pedagang pengumpul I dijual ke pedagang pengecer dan terkahir dijual ke konsumen akhir. Saluran II dari petani ke pedagang pengecer lalu dijual ke konsumen akhir. Saluran III dari petani langsung ke konsumen akhir. Saluran 4 dari petani ke pedagang pengumpul lalu di jual ke luar Desa. Nilai elastisitas transmisi harga pada empat saluran pemasaran semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adalah Et > 1, nilai tersebut mengidentifikasikan jika perubahan harga sebesar 1% ditingkat pengecer akan mengakibatkan perubahan harga lebih besar dari 1% di tingkat petani. Artinya elastisitas transmisi harga semangka non biji adalah bersifat elastis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sisvaberti Afriyatna, SP., M.Si 2. Yulliah Peroza, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Saluran Pemasaran dan Elastisitas Transmisi Harga.
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:39
Last Modified: 08 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.