PENGARUH JENIS PUPUK LIMBAH TERNAK DAN DOSIS POC LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Firda anggragraini safitri, Nim. 422016041 (2021) PENGARUH JENIS PUPUK LIMBAH TERNAK DAN DOSIS POC LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422016041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
422016041_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FIRDA ANGGRAINI SAFITRI. Pengaruh jenis pupuk limbah ternak dan dosis poc limbah tahu terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) (dibimbing oleh ERNI HAWAYANTI dan BERLIANA PALMASARI). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan mendapatkan hasil terbaik frekuensi pemberian jenis pupuk limbah ternak dan dosis poc limbah tahu terhadap pertumbuhan dan produksi mentimun (Cucumis sativus L). Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan milik petani yang terletak di jalan sekojo, kelurahan kendodong Raye, Kec. banyuasin III Pangkalan Balai, Kab. banyuasin, sumatera selatan. Kegiatan penelitian ini berlangsung dari bulan Juli sampai Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan petak terbagi (Splitplot design) dengan 9 kombinasi perlakuan yang di ulangi sebanyak 3 kali./ Adapun faktor perlakuan yang dimaksud adalah sebagi berikut : Pemberian pupuk organic (O), O0 = tanpa pupuk organik O1 = Pupuk kadang ayam, O2 = Pupuk kandang sapi, dan Dosis Pupuk Organik Cair Limbah Tahu (C), C1 = 25 ml/l air, C2= 50 ml/l air , C3 = 75 ml/l air. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman (cm), pengukuran diameter (buah), pengukuran panjang buah (cm), berat buah pertanaman (g), berat buah perpetakan (kg). Dari hasil penelitian memperlihatkan Interaksi kombinasi pemberian pupuk kotoran ayam dan dosis poc limbah tahu 50ml/L air menghasilkan pertumbuhan dan produksi terbaik terhadap tanaman mentimun dibandingkan perlakuan lainnya. Hal ini dapat dilihat berat buah pertanaman yaitu (579,65 g) dan berat buah per petak yaitu (5,07 kg).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1.ir.ERNI HAWAYANTI,M.Si 2.BERLIANA PALMASARI,S.Si,M.Si
Uncontrolled Keywords: JENIS PUPUK LIMBAH TERNAK , POC LIMBAH TAHU ,TANAMAN MENTIMUN
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Agroteknologi > teknologi produksi tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 27 May 2021 02:03
Last Modified: 27 May 2021 02:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16460

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.