Hubungan Karakteristik Petani Terhadap Produksi Tanaman Pare di Desa Arisan Deras Kecamatan Rantau Panjang Ogan Ilir

Alfin Noprian, 412016110 (2021) Hubungan Karakteristik Petani Terhadap Produksi Tanaman Pare di Desa Arisan Deras Kecamatan Rantau Panjang Ogan Ilir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016110_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
412016110_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ALFIN NOPRIAN. Hubungan Karakteristik Petani Terhadap Produksi Tanaman Pare di Desa Arisan Deras Kecamatan Rantau Panjang Ogan Ilir (Dibimbing Oleh RAFEAH ABUBAKAR dan INNIKE ABDILLAH FAHMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik petani terhadap produksi tanaman pare dan untuk mengetahui berapa besar pendapatan petani dari usahatani tanaman pare. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Arisan Deras Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir dari Agustus 2020 sampai dengan November 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode sensus dengan petani 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh di lapangan terlebih dahulu diedit selanjutnya diberi kode kemudian diolah secara tabulasi. Untuk menjawab masalah pertama menggunakan uji korelasi rank spearman. Selanjutnya untuk menjawab masalah kedua mengunakan rumus pendapatan. Uji statistik dilakukan mengunakan program aplikasi computer SPSS for windows 23,0. Hasil penelitian bahwa hubungan antara umur dengan produksi pare tidak signifikan namun memiliki keeratan korelasi tinggi, hubungan antara pendidikan dengan produksi pare juga tidak signifikan dan memiliki keeratan korelasi sedang, hubungan antara pengalaman dengan produksi pare ada hubungan signifikan dengan memiliki keeratan korelasi tinggi, hubungan antara tanggungan keluarga dengan produksi pare ada hubungan signifikan dengan memiliki keeratan korelasi tinggi, hubungan antara luas lahan dengan produksi pare ada hubungan signifikan dengan korelasi sempurna. Pendapatan yang diterima petani pare rata-rata Rp. 4.640.282 perluas garapan permusim tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: karakteristik Petani, Analisis Pendapatan, Usahatani, Pare
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:40
Last Modified: 08 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16459

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.