ANALISIS SISTEM PEMASARAN DAN TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI LENGKUAS (Alpinia Galanga) DI KELURAHAN SUKAMULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG KOTA PALEMBANG

AGUNG ARIAJI NUGROHO, NIM. 412016093 (2021) ANALISIS SISTEM PEMASARAN DAN TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI LENGKUAS (Alpinia Galanga) DI KELURAHAN SUKAMULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016093_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
412016093_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sektor pertanian saat ini masih menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat Indonesia. Peranan sektor pertanian terhadap keberlangsungan sektor-sektor non pertanian juga sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan dan industri. Oleh karena itu, produk usahatani yang berkualitas dan berkelanjutan yang dihasilkan pada sektor pertanian harus terus dijaga dan ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Sistem pemasaran usahatani lengkuas yang digunakan petani dan untuk mengetahui Tingkat keuntungan yang didapat petani dalam usahatani lengkuas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan metode sensus, Metode pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Editing, Coding, dan Tabulating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran hasil produksi lengkuas yang dilakukan oleh petani di Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang yaitu petani menjual hasil produksinya melalui tengkulak/pedagang pengumpul dengan harga Rp 6.000/kg, dalam partai besar kepada pedagang lain. Pedagang pengumpul tersebut mendatangi langsung petani ke tempat usahatani lengkuas lalu menjual nya ke pasar induk di Jakabaring dan ke beberapa pasar yang ada di Kota Palembang, seperti Pasar Lemabang dan Pasar Perumnas.. Dan Berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerimaan yang diperoleh petani dalam melakukan usahatani lengkuas yaitu Rp 61.200.000/Lg/MT dengan biaya produksi sebesar Rp 16.981.845/Lg/MT, maka nilai yang dihasilkan dari analisis R/C adalah 3,60 dari usahatani Lengkuas yang dilakukan oleh petani di Kelurahan Sukamulya diketahui memperoleh tingkat keuntungan sebesar 3,60 artinya setiap Rp 1,00 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 3,60. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa usahatani lengkuas yang dilakukan petani dikatakan layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si 2. Yulliah Peroza, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem Pemasaran, Tingkat keuntungan, Produksi Lengkuas
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 28 May 2021 07:05
Last Modified: 28 May 2021 07:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.