ANALISIS TATANIAGA TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI DESA BANDAR TENGGULANG KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN

KUSWORO, NIM. 412016073 (2021) ANALISIS TATANIAGA TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI DESA BANDAR TENGGULANG KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
412016073_BAB II_SAMPAI_ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui saluran dan efisiensi pemasaran tandan buah segar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bandar Tenggulang Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2020. Metode Penelitian yang di gunakan adalah survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Simple Random sampling dan Snowball Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) di Desa Bandar Tenggulang Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin, Petani - Pedagang pengumpul desa – pedagang perantara - pabrik kelapa sawit, petani- pedagang pengumpul desa- pedagang besar- pedagang perantara - pabrik kelapa sawit, petani – pedagang besar- pedagang perantara - pabrik kelapa sawit, petani - pedagang perantara - pabrik kelapa sawit. Dilihat dari Margin pemasaran saluran pemasaran yang efisien terjadi pada saluran pemasaran ke empat dengn harga sebesar Rp. 1830,00/ Kg. Dilihat dari farmer’s Share terjadi pada saluran pemasaran ke empat yaitu sebesar 98,36%. Menunjukkan bahwa saluran pemasaran tandan segar (TBS) Desa Bandar Tenggulang Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, SP., M.Si 2. Sisvaberty Afriyatna, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Tandan Buah Segar, Saluran Pemasaran, Margin dan Farmer’s Share
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > pemasaran pertanian
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16454

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.