ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI KELAPA SAWIT(Elaeis guineensis Jacq.) SEBELUM DAN SETELAH ADANYA COVID-19 DI DESA MULYO ASIH KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

DIMAS AJI TANTOWI, NIM. 412016052 (2021) ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI KELAPA SAWIT(Elaeis guineensis Jacq.) SEBELUM DAN SETELAH ADANYA COVID-19 DI DESA MULYO ASIH KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text
412016052_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan usahatani kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) sebelum dan setelah adanya COVID-19 di Desa Mulyo Asih Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) sebelum dan setelah adanya COVID-19 di Desa Mulyo Asih Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Mulyo Asih Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin pada bulan November 2020 sampai Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama adalah dengan menggunakan rumus pendapatan dan digunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua yaitu dengan menghitung pendapatan setara beras per 3 bulan dan digunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian yang dilakukan didapatkan besar pendapatan petani kelapa sawit di Desa Mulyo Asih sebelum adanya COVID-19 adalah Rp. 7.314.760 dan setelah adanya COVID-19 adalah Rp. 10.283.518. Dan tingkat kesejahteraan petani kelapa sawit di Desa Mulyo Asih sebelum dan setelah adanya COVID-19 tergolong sejahtera. Karena rata-rata pendapatan Perkapita/3 Bln sebelum adanya COVID-19 sebesar 214 Kg/3 Bln atau bisa dikategorikan kriteria cukup, Sedangkan setelah adanya COVID-19 adalah sebesar 300 Kg/3 Bln atau bisa dikategorikan kriteria kaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, SP., M.Si 2. Yulliah Peroza, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan petani kelapa sawit, Perbedaan pendapatan kelapa sawit, Kesejahteraan petani sebelum dan setelah COVID-19.
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 27 May 2021 07:15
Last Modified: 27 May 2021 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.