PERANAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 RAMBANG KUANG KOTA PRABUMULIH

Dita Julianti, 622017021 (2021) PERANAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 RAMBANG KUANG KOTA PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017021 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
622017021 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Abstrak Abstrak : Pendidikan sangat penting diterapkan pada anak. Pendidikan dari orang tua ke anak tentunya akan berguna nantinya untuk perkembangan anak kedepannya. Anak tidak hanya membutuhkan perlindungan dari orang tua, anak juga membutuhkan perhatian, belaian kasih sayang dan segenap bimbingan yang mereka butuhkan dari orang tuanya, bahwa anak adalah amanat yang dititipkan Tuhan YME kepada orang tua yang diamanatkan untuk menjaga, membimbing, mengarahkan, dan mendidik anak semampunya mungkin. Menanamkan rasa keimanan kepada anak sejak usia dini, bukan berarti orang tua mendidik mereka perasaan takut kepada Tuhan. Melainkan justru membuat anak merasa terlindungi, semua orang tua harus melakukan itu, supaya anak-anak selamat dari segala mara bahaya dunia akhirat. Untuk dapat memberikan kebaikan kepada anak sebaiknya kita memberikan contoh yang baik dan perilaku yang baik supaya anak juga dapat meniru apa yang kita lakukan. Hasil penelitian memperlihatkan sikap orang tua berpengaruh terhadap terbentuknya kepribadian anak. Orang tua yang besikap mendidik anak dengan penuh kasih sayang menghasilkan kepribadian anak yang lebih bertanggung jawab, anak yang ramah, anak yang kreatif. Sikap orang tua yang terlalu memanjakan anak dapat menghasilkan kepribadian anak yang pemalas. Sikap orang tua yang memberikan hukuman fisik kepada anak dapat menghasilkan kepribadian anak yang pemurung, anak yang penakut. Sikap orang tua yang mengajarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dapat menghasilkan kepribadian anak yang mempunyai keterampilan berbahasa yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I 2. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mendidik anak, Peran penting orang tua, Sikap orang tua, Kepribadian anak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.