Gambaran hubungan tenaga kerja dan curah hujan terhadap hasil panen tandan buah segar (TBS) di PT. Suryabumi Agrolanggeng Desa Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Agung Pratama, 412016023 (2021) Gambaran hubungan tenaga kerja dan curah hujan terhadap hasil panen tandan buah segar (TBS) di PT. Suryabumi Agrolanggeng Desa Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
412016023_BAB II_SAMPAI AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy

Abstract

RINGKASAN AGUNG PRATAMA. Gambaran Hubungan Tenaga Kerja dan Curah Hujan Terhadap Hasil Panen Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Di PT. Suryabumi Agrilanggeng Desa Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (dibimbing oleh RAFEAH ABUBAKAR dan YULLIAH PEROZA). Penelitian ini dilaksanakan untuk Mempelajari faktor yang berpengaruh terhadap produksi TBS di perkebunan PT. Suryabumi Agrolanggeng dan untuk mengetahui produksi tandan buah segar (TBS) di perkebunan PT. Suryabumi Agrolanggeng. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir pada bulan Januari sampai dengan Febuari 2021. Metode Penelitian yang digunakan adalah survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara sengaja (purposive sampling), dimana dalam penelitian ini yang menjadi unit sempelnya adalah PT. Suryabumi Agrolanggeng pada kebun Enau yang berjumlah 6 Divisi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode pengumpulan data dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh di lapangan terlebih dahulu di editing yang dimana hasil editing yang didapat dari hasil wawancara karyawan kebun, kemudian diubah menjadi data produksi TBS pada PT. Suryabumi Agrolanggeng. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Tenaga kerja, umur tanaman dan curah hujan sangat berpengaruh terhadap produksi tandan buah segar sebab ketiga faktor tersebut saling berhubungan satu sama lain. Jumlah tenaga kerja panen pada kebun enau yaitu 227 orang, rata-rata umur tanaman pada kebun Enau yaitu 18-20 tahun. Sedangkan jumlah air yang dibutuhkan tanaman yaitu 4,10 mm – 5,65 mm perhari (1500mm/tahun). Dari data produksi tersebut dapat dilihat disetiap blok dan divisi perharinya terdapat selisih hasil produksi. Hal itu karena adanya ketiga faktor tersebut sedangkan jumlah produksi tandan buah segar (TBS) pada kebun Enau dibulan Januari yaitu 5.070.150 Kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si 2. Yulliah Peroza, S.P, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tenaga kerja, Curah hujan, Tandan Buah Segar
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 25 May 2021 06:27
Last Modified: 25 May 2021 06:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16437

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.