PENGARUH METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI PONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM PALEMBANG

HARSAD AL FALAQ, NIM. 622017040 (2021) PENGARUH METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI PONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017040-BAB 1- DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
622017040-BAB II SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Harsad Al Falaq, NIM: 622017040, Skripsi 2021, Judul: Pengaruh Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Siswa Di Pondok Pesantren Subulussalam Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini: Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid siswa di Pondok Pesantern Subulussalam? Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Subulussalam? Adakah pengaruh metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa di Pondok Pesantren Subulussalam? Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini pada intinya menggunakan analisis statistik korelasi product moment untuk melihat hasil penelitian tersebut. Belajar akan efektif kalau kondisinya berada pada suasana yang menyenangkan dan memiliki motivasi belajar yang kuat dari guru. Dangan adanya metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid diharapkan siswa bersemangat dan mampu mempraktekkannya dalam membaca al-qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan. Kesimpulannya ialah minat pelaksanaan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid siswa di Pondok Pesantren Subulussalam, sangat bagus, Penerapan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Subulussalam, adanya perubahan dari segi pemahaman, lebih baik dari sebelumnya, karena perlu diingat bahwa pondok pesantren adalah sarana yang tepat bagi pembelajaran untuk memahami Al-Qur‟an. Maka dari itu metode ini sangat mendukung, Siswa Pondok Pesantren Subulussalam, sangat antusias dalam pembelajaran tajwid apalagi dilengkapi dengan metode bernyanyi, yang pada umumnya jarang sekali, metode ini dipakai oleh seorang, oleh karenanya ini sangatlah berpengaruh dan bisa menjadi suatu inspirasi bagi siswa di Pondok Pesantren Subulussalam Palembang. Kata kunci: pengaruh, Metode, Bernyanyi, Pembelajaran, Tajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING 1. Sri Yanti,S.Pd., M.Pd 2. Yuniar Handayani, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Metode, Bernyanyi, Pembelajaran, Tajwid.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 May 2021 04:57
Last Modified: 24 May 2021 04:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16420

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.