PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KREAKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ANTI OKTAYANA, NIM. 622017027 (2021) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KREAKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017027 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (985kB) | Preview
[img] Text
622017027 BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Anti Oktayana NIM 622017027, Skripsi dengan judul Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Kreativitas adalah karya yang harmonis dalam pembelajaran berdasarkan tiga aspek cipta, rasa dan karya yang akan menghasilkan sesuatu yang baru dapat membangkitkan dan menanamkan kepercayaan diri siswa supaya dapat meningkatkan prestasi belajarnya, pendidikan agama Islam dalam mengemas materi, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh siswa di Smk Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui cara guru pendidikan agama Islam meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif sering juga disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Dan di sebut sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah 1 Palembang. Sebagai seorang guru pendidikan agama Islam berperan sebagai teladan atau sebagai contoh, guru pendidikan agama Islam sebagai panutan bagi siswa siswinya disekolah baik cara berbicara maupun tingkah lakunya. Guru pendidikan agama Islam memiliki tugas ganda dalam lingkungan sekolah, selain memilki tugas dalam bidang kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan memiliki tugas dalam bidang kemanusiaan. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningaktkan kreativitas belajar siswa. Tenang pengajar yang memadai menjadi faktor terpenting dalam proses pembelajaran dimana gurulah yang berperan penting sebagai penyampai materi pembelajaran kepada siswa. Faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam menigkatkan kreativitas belajar siswa. Ada dua faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa yang pertama ada pada diri siswa yang malas masuk sekolah, kurang memahami materi yang diberikan dan kurang berkosentrasi dalam menerima pelajaran yang di berikan guru, yang kedua adalah faktor dari lingkungan keluarga misalnya orang tua yang selalu mengekang anak mereka, orang tua yang sering berantem yang membuat siswa merasa jenuh memilihat orang tua yang tidak harmonis yang berakibat negatif terhadapat perkembang psikologis peserta didik Kata kunci: peranan guru, kreativitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. Zulkipli, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: peranan guru, kreativitas belajar siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 May 2021 02:27
Last Modified: 24 May 2021 02:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16416

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.