Persepsi Petani Plasma Anggota KUD Mukti Jaya Terhadap Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin

Awalia Sumastin, NIM. 412016017 (2021) Persepsi Petani Plasma Anggota KUD Mukti Jaya Terhadap Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016017_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
412016017_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi petani terhadap program peremajaan sawit rakyat dan untuk mengetahui peran KUD Mukti Jaya dalam program peremajaan sawit rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan metode penarikan contoh menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara langsung kepada responden yang telah ditentukan dan menggunakan alat bantu berupa kuisioner yang telah disiapkan sebelumnya. Pengolahan data digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian tingkat persepsi petani plasma anggota KUD Mukti Jaya terhadap program peremajaan sawit rakyat di Kecamatan Sungai Lilin diukur dengan indikator persepsi, yaitu karakteristik individu yang bersangkutan (sikap, minat, pengalaman, dan harapan), karakteristik objek yang dinilai (dampak positif), dan situasi (pendapatan dan modal). Dari ketiga indikator persepsi petani dianalisis menggunakan skala likert dan didapat hasil dari ketiga tahap peremajaan sawit rakyat yaitu, pada tahap satu sebesar 81,14% dengan kategori sangat baik, pada tahap dua sebesar 81,80% dengan kategori sangat baik, pada tahap tiga sebesar 79,48% dengan kategori baik. Peran KUD Mukti Jaya terhadap program peremajaan sawit rakyat di Kecamatan Sungai Lilin adalah peran sebelum pelaksanaan (menghimpun dana, sosialisasi dan pengajuan dana hibah), peran dalam pelaksanaan (pengawasan kegiatan peremajaan, menentukan bibit) dan peran setelah pelaksanaan (peningkatan akses jalan, pemeliharaan dan perawatan tanaman).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rahmat Kurniawan, S. P., M. Si 2. M. Sidik, S. P., M. Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Petani Plasma, Program Peremajaan, Peran
Subjects: Ekonomi Syariah > Koperasi
Manajemen > koperasi
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 24 May 2021 06:10
Last Modified: 24 May 2021 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.