PELAKSANAAN PERUBAHAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MINAT BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

PUJI FITRI MUSLIMAH, NIM. 622017037 (2021) PELAKSANAAN PERUBAHAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MINAT BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017037 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
622017037 BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Puji Fitri Muslimah NIM 622017037. SKRIPSI dengan judul Pelaksanaan Perubahan Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Minat Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Rumusan dalam skripsi ini: Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak di SMK Muhammadiyah 2 Palembang sebelum covid-19? Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak dimasa pendemi covid-19? Adakah pelaksanaan perubahan pembelajaran Akidah akhlak di SMK Muhammadiyah 2 Palembang di masa pandemi dan sebelum datangnya pandemi covid-19? Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi adalah seorang peneliti dapat mengamati gejala-gejala yang terjadi di lapangan. Wawancara adalah suatu teknik memperoleh data dengan jalan mengadakan tanya jawab dengan wawancara secara langsung dengan maksud untuk mendapat keterangan yang lebih jelas, cepat dan menimbulkan hubungan yang akrab. Dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan cara membaca dan mengutip dokumen-dokumen yang ada dan dipandang sesuai relevan sesuai kondisi yang ada. Pembelajaran akidah akhlak di SMK Muhammadiyah 2 Palembang ini agar siswa memiliki pengetahuan, penghayatan, dan keyakinan yang benar terhadap hal-hal yang harus di imani oleh orang Islam. pada masa pandemi covid-19 ini baik guru maupun siswa proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Palembang dengan proses menggunakan aplikasi EduMu ataupun aplikasi whatsapp, dan siswa sering mengeluh dalam hal jaringan internet, kuota dan tugas terlalu banyak. Sebagai seorang siswa sangat sulit atau sangat terjangkau dalam menggunakan aplikasi tersebut, karena kurang jaringan internet tidak semua nya bisa aktif atau pun mempunyai sinyal yang kuat, berbeda dengan sekolah yang sering tatap muka seperti dulu pasti para siswa sangat aktif karena tidak ada kendala yang mereka hadapi saat belajar tatap muka bersama guru-guru mereka. Kesimpulan ialah pembelajaran akidah akhlak ini sangatlah penting bagi setiap siswa karena tanpa ada pembelajaran akidah akhlak karakter, etika, siswa tidak akan maju. Adanya pembelajaran di masa pandemi setiap guru tidak tahu etika dan karakter siswa nya sekarang karena terhambat sistem pembelajaran daring, dari pembelajaran daring ini siswa mengalami terhambatnya belajar salah satu nya adalah jaringan internet, kuota belajar, penjelasan kurang memahami dan siswa pun menjadi pasif. Dan dari sinilah guru harus bisa membuat siswa senang dan memberikan semangat kepada siswa dalam adanya pembelajaran daring. Kata Kunci: Perubahan Pembelajaran, Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I. 2. Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Pembelajaran, Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2021 02:29
Last Modified: 22 May 2021 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.