PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SD NEGERI 1 TANJUNG SERANG

DESI, NIM. 622017022 (2021) PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SD NEGERI 1 TANJUNG SERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017022 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
622017022 BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Abstrak Televisi membawa pengaruh terhadap kegiatan belajar siswa seperti, siswa yang suka menonton film yang ia suka. Maka ia akan cenderung untuk berbuat seperti tokoh yang yang dikagumi dalam ceritanya. Media televisi jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan pengaruh pada belajar siswa karena acara yang menarik dengan cara menyajikan dan menyenangkan. Keadaan ini dapat dimanfaatkkan untuk memotivasi belajar siswa seiring dengan upaya yang selalu di berikan oleh guru. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yang dilaksanakan melalui beberapa cara di antaranya menonton siaran ceramah agar anak terbuka pikirannya untuk melakukan hal- hal yang positif, membimbing anak ke wawasan yang lebih baik serta manfaat lainya dapat menambah ilmu pengetahuan, memberikan nasehat kepada siswa serta pergantian metode belajar agar tidak bosan dengan proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pengaruh yang di dapat oleh anak dari tayangan televisi terhadap upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar belajar siswa, Bagaiana upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Apakah televisi tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh tayangan televisi terhadap upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Tanjung Serang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi, karena seluruh siswa dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa yang di jadikan sampel. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa berjalan lancar dan baik. Dalam hal ini ada kaitannya dengan pembelajaran, motivasi sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan dorongan dan memberikan gambaran arah dalam belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. Kesimpulannya yaitu Pengaruh tayangan televisi terhadapupaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Tanjung Serang dikatakan baik. Upaya yang dilakukan sesuai dengan metode belajar siswa agar dapat meningkatkan motivasi siswa. metode dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat berupa mengenal lebih dekat siswa, memperbaiki hubungan dengan siswa, mengadakan bimbingan, menggunakan metode belajar yang bervariasi agar tidak bosan, pemberian hadiah, pemberian nilai tambahan, serta pemberian nasehat dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd. I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tayangan televisi, Motivasi belajar, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2021 02:48
Last Modified: 22 May 2021 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.