Studi Strategi Pemasaran dan Keuntungan UMKM Kopi Semende Cap Bunga di Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang Sumatera Selatan

PRELI YULIANTO, NIM. 412016009 (2021) Studi Strategi Pemasaran dan Keuntungan UMKM Kopi Semende Cap Bunga di Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412016009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan menghitung keuntungan produksi UMKM Kopi Semende Cap Bunga. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang Sumatera Selatan pada Juli sampai Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode penarikan contoh yang digunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan menggunakan kuisioner, serta didukung dengan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan analisis kualitatif dan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan analisis keuntungan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P (product, price, place, promotion) sudah diterapkan tetapi, belum secara maksimal terutama pada bauran pemasaran tempat terkait saluran distribusi, dan bauran pemasaran promosi karena keterbatasan sumber daya manusia. UMKM Kopi Semende Cap Bunga selama sekali proses produksi memperoleh penerimaan produksi Rp. 30.000.000 dengan total biaya Rp 16.670.375 sehingga diperoleh keuntungan sebesar Rp 13.329.625 per proses produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si 2. Yulliah Peroza, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produksi, Analisis Keuntungan
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
S Agriculture > S Agriculture (General)
Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 20 May 2021 06:05
Last Modified: 20 May 2021 06:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.