PENGARUH JENIS KOMPOS LIMBAH TANAMAN DAN TINGKAT PEMUPUKAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Palupi Margining Utami, Nim.422016052 (2021) PENGARUH JENIS KOMPOS LIMBAH TANAMAN DAN TINGKAT PEMUPUKAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
42016052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
422016052_BAB II_SAMPAI-BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN PALUPI MARGINING UTAMI. Pengaruh Jenis Kompos Limbah Tanaman dan Tingkat Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) (dibimbing oleh YOPIE MOELYOHADI dan NURBAITI AMIR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mempelajari dan menentukan Pengaruh Jenis Kompos Limbah Tanaman dan Tingkat Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Nusamakmur, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Kegiatan penelitian ini berlangsung dari bulan September sampai November 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan petak terbagi (Splitplot desaign) dengan 12 kombinasi perlakuan yang di ulang sebanyak 3 kali. Adapun faktor perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut : jenis kompos (K) sebagai petak utama yang terdiri dari K0=tanpa kompos, K1= kompos tankos, K2= kompos sekam padi, K3= kompos blotong. Takaran pupuk NPK majemuk sebagai anak petak (P) yang terdiri dari P1=25%, P2=50%, P3=75%. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah panjang tanaman, jumlah daun pertanaman (helai), total jumlah buah pertanaman (buah), total berat buah pertanaman (kg), diameter buah pertanaman (cm). Pemberian kompos blotong dengan takaran 10 ton/ha dan pemberian pupuk NPK dengan dosis 75% memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun dengan produksi rata-rata 3,28 kg/petak atau setara dengan 4,1 ton/ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembibmbing 1.Dr.Yopie Moelyohadi,S.P,M.Si 2.Nurbaiti Amir,S.E,S.P,M.Si
Uncontrolled Keywords: kompos limbah tanaman,pemupukan npk, mentimun
Subjects: Agroteknologi
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 29 May 2021 05:00
Last Modified: 29 May 2021 05:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.