PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN DOSIS PUPUK ORGANIK PLUS BATUBARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SEMANGKA ( Citrullus vulgaris ) DI LAHAN KERING

Decky Andani, NIM.422016039 (2021) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN DOSIS PUPUK ORGANIK PLUS BATUBARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SEMANGKA ( Citrullus vulgaris ) DI LAHAN KERING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422016039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
422016039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN DECKY ANDANI Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Dosis Pupuk Organik Plus Batubara Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Semangka (Citrullus vulgaris.) di lahan kering (dibimbing oleh SYAFRULLAH dan YOPIE MOELYOHADI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan sistem olah tanah dan dosis pupuk organik plus batubara yang tepat dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil produksi semangka (Citrullus vulgaris.) di lahan kering. Penelitian ini telah dilaksanakan di salah satu lahan milik petani yang terletak di jalan H. M. Asyik Aqil, Kel, Sukajadi Kec, Talang Kelapa, Km 16, Kab, Banyuasin Palembang Sumatera Selatan Penelitian Ini telah dilaksanakan dari bulan Agustus 2020 sampai November 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan petak terbagi (Split plot design) dengan 12 kombinasi perlakuan yang di ulangi sebanyak 3 kali. Adapun faktor perlakuan yang dimaksud adalah sebagi berikut Petakan utama: T1 : Tanpa Olah Tanah T2 : Olah Tanah Minimum T3 : Olah Tanah Maksimum dan anak petak: P0 : Kontrol (pupuk kimia dengan dosis anjuaran 17,5 gr/pertanaman) P1 : 500 kg/ha (25 gr/pertanaman) P2 : 750 kg/ha (37,5 gr/pertanaman) P3 : 1000 kg/ha (50 gr/pertanaman). Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah panjang tanaman (cm), jumlah cabang primer (batang), panjang buah (cm), lilit buah (cm), berat buah pertanaman (kg). Hasil penelitian ini menunjukan penerapan olah tanah maksimum dan dosis pupuk organik plus batubara dengan takaran 1000 kg/ha memberikan pertumbuhan terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman semangka dengan produksi rata-rata 3,47 ton/ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Dr.Ir.Syafrullah,M.P 2.Dr.Yopie Moelyohadi,S.P,M.Si
Uncontrolled Keywords: SISTEM OLAH TANAH, DOSIS PUPUK ORGANIK PLUS BATUBARA,TANAMAN SEMANGKA,LAHAN KERING
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Agroteknologi > bioteknologi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 05 May 2021 04:42
Last Modified: 05 May 2021 04:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.