STUDI PROSES PENGERINGAN GABAH MENGGUNAKAN CARA KONVENSIONAL DAN MESIN PENGERING DI DESA TELANG REJO KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

Muhamad Irham, NIM. 412015070 (2021) STUDI PROSES PENGERINGAN GABAH MENGGUNAKAN CARA KONVENSIONAL DAN MESIN PENGERING DI DESA TELANG REJO KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015070 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
412015070 BAB II_ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat Berapa besar biaya pada proses pengeringan gabah menggunakan konvensional dan mesin pengering serta ingin mengetahui berapa besar pendapatan petani pada proses pengeringan gabah menggunakan konvensional dan mesin pengering di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Telang Rejo pada bulan November – Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan petani di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin dalam proses pengeringan gabah menggunakan cara konvensional dengan rata-rata biaya sebesar Rp 7.343.423 dan menggunakan mesin pengering dengan rata-rata biaya sebesar Rp 7.666.500. Pendapatan yang diterima oleh petani di Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin yang melakukan proses pengeringan gabah dengan cara konvensional dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp 15.693.692 dan yang melakukan proses pengeringan gabah menggunakan mesin pengering dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp 15.370.615.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir.Rafeah Abubakar, M.Si 2. Harniatun Iswarini, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengeringan, Konvensional, Mesin Pengering
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:33
Last Modified: 02 Jun 2021 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.