ANALISIS MODAL SOSIAL PADA ALUR TATANIAGA KELAPA DI DESA ARGOMULYO KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

SUHARI DWI SANTOSO, NIM. 412016001 (2021) ANALISIS MODAL SOSIAL PADA ALUR TATANIAGA KELAPA DI DESA ARGOMULYO KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016001 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
412016001 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK SUHARI DWI SANTOSO “Analisis Modal Sosial Pada Alur Tata Niaga Kelapa di desa Argomulyo Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin” dibimbing oleh RAHMAT KURNIAWAN dan PURI PRATAMI AN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alur tataniaga kelapa di desa Argomulyo Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyasin dan bagaimna modal sosial tersbentuk pada setiap alur tata niaga kelapa di desa Argo Mulyo kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini telah dilaksankan pada bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah simple random sampling dimana untuk mengambil sample pada petani sedangkan untuk pengambilan semple pada pedagang pemasasran peneliti menggunakan snowball sampling. Peneliti menerencanakan mengambil 60 responden petani kelapa, 3 orang pedagang pengumpul desa, 3 orang pengumpul kecamatan, dan 3 orang pedagang besar. Tenik pengumpulan data yang digunakan penelitan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada responden dengan mengnggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah di persiapakan sebelumnya. Metode analis data yang digunakan adalah analisis Deskripsi kualiatif. Berdasarkan hasil penelitian adapun alur tataniaga kelapa di desa Argo Mulyo kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin hanya ada 1 saluran pemasaran sedangkan modal sosial dalam setiap alur tataniaga kelapa diketahui terbentuk karena atas dasar kepercayaan yang sangat kuat antara petani kelapa, pedagang pengumpul desa, pedagang pengumpul kecamatan, dan pedagang pengumpul besar. Dengan demikian terbentuklah suatu timbal balik yang saling menguatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Rahmat Kurniawan, SP.,M.Si 2. Puri Pratami AN, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: kata kunci : analisis modal sosial alur tataniaga
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 05 May 2021 02:32
Last Modified: 05 May 2021 02:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.