penegakan hukum pidana terhadap perusahaan wedding organizer yang melakukan penipuan

PUTRA ILHAMI, NIM. 502017258 (2021) penegakan hukum pidana terhadap perusahaan wedding organizer yang melakukan penipuan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017258_BAB I _SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
502017258_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP PERUSAHAAN WEDDING ORGANIZER YANG MELAKUKAN PENIPUAN OLEH PUTRA ILHAMI Penipuan bukanlah suatu hal yang baru di indonesia, perkembangan aksi penipuan ini telah membuat negara menjadi kurang aman. Hal ini dikarenakan maraknya aksi penipuan yang dapat terjadi kapan dan dimana saja serta dapat mengancam kerugian dan keselamatan warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penegakan hukum terhadap perusaaan wedding organizer yang melakukan penipuan dan faktor-faktor penghambat penegakan hukum pidana perusahaan wedding organizer yang melakukan penipuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat deskritif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan yaitu melakukan pengkajian terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer (peraturan Perundang-undangan), bahan hukum skunder (literatur, laporan hasil penilitian, makalah, karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmiah). Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa penegakan hukum yang dapat diberikan terhadap perusahaan wedding organizer yang melakukan penipuan ialah berupa ganti rugi dan hukuman penjara paling lama empat tahun dan faktor penghambat penegakan hukum terhadap perusahaan wedding organizer yang melakukan penipuan ialah kurang percayanya masyarakat terhadap kinerja aparat penegak hukum, kekhawatiran masyarakat jika berurusan dengan aparat penegak hukum akan semakin merugi, masyarakat khawatir keselamatannya terancam jika melaporkan tindak pidana kejahatan yang dialaminya. Kata Kunci : Penipuan, Wedding Organizer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. H. Abdul Hamid Usman S,H M,Hum 2. H. Saifullah Basri S,H M,H
Uncontrolled Keywords: Penipuan, Wedding Organizer
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 May 2021 02:49
Last Modified: 04 May 2021 02:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16267

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.