SANKSI HUKUM TERHADAP PELAKU KEJAHATAN KESUSILAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR

DICKY TARUNA, NIM. 502017054 (2021) SANKSI HUKUM TERHADAP PELAKU KEJAHATAN KESUSILAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017054_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Di dalam KUHP dapat dilihat mengenai kejahatan kesusilaan terhadap anak dibawah umur, diantaranya Pasal 287 Ayat (1) yang berbunyi: barang siapa bersetubuh dengan sesorang wanita di luar perkawinan, padahal diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya bahwa umurnya belum lima belas tahun, atau kalau umurnya tidak jelas, bahwa belum waktunya untuk dikawini, diancam dengan pidana penjara paling laam Sembilan tahun. Untuk mengetahui dan ,emjelaskan sanksi hukum terhadap pelaku kejahatan kesusilaan yang dilakukan terhadap anak dibawah umur, dan juga untuk mengetahui dan memahami akibat dari kejahatan kesusialaan terhadap anak dibawah umur. Berdasarkan hasil penelitian dipahami sanksi hukum terhadap pelaku kejahatan kesusialaan terhadap anak dibawah umur adalah: diatur dalam Pasal 290 sampai dengan Pasal 295 KUHP, yang mana berisikan atau mengatur sanksi serta ancaman hukuman bagi seseorang yang melakukan kejatan kesusilaan terhadap anak dibawah umur. Akibat dari kejahatan kesusilaan terhadap anak dibawah umur adalah: lebih bersifat pada kebiadaban dari si pelaku, karena si pelaku adalah termasuk orang-orang yang tidak mempunyai perasaan dan hati nurani dan juga tidak takut pada ancaman hukuman yang ada serta yang lebih mendasar lagi adalah kurangnya keimanan terhadap Tuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Reny Okpirianti, SH., M.Hum 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Sanksi hukum pelaku kejahatan kesusialaan terhadap anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 May 2021 05:46
Last Modified: 03 May 2021 05:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.