GRATIFIKASI BERUPA PELAYANAN SEKSUAL MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

ARIF WICAKSANA, NIM. 502017077 (2021) GRATIFIKASI BERUPA PELAYANAN SEKSUAL MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017077_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017077_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Teknik dan strategi korupsi sangat beragam, baru-baru ini yang sedang menjadi perbincangan hangat adalah tindak pidana korupsi tentang gratifikasi dalam bentuk pelayanan seksual yang muncul istilah “gratifikasi seksual”. Pada dasarnya mengenai gratifikasi dalam bentuk pelayanan seksual seudah muncul sejak lama dan menjadi rahasia umum. Untuk mengetahui dan menjelaskan gratifikasi berupa pelayanan seksual merupakan tindak pidana korupsi, dan juga untuk mengetahui dan memahami pandangan hukum islam dan hukum positif mengenai tindak pidana gratifikasi dalam bentuk pelayanan seksual. Berdasarkan hasil penelitian dipahami gratifikasi berupa pelayanan seksual merupakan tindak pidana korupsi sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada penjelasan Pasal 12 B Ayat (1). Hal ini sesuai dengan original intent UUPTPK itu sendiri, meskipun secara eksplisit tidak dijelaskan, namu secara definitiv perbuatan tersebut masuk dalam kategori korupsi dan terakomodir dalam redaksi “fasilitas lainnya”. Pandangan hukum islam dan hukum positif mengenai tindak pidana gratifikasi dalam bentuk pelayanan seksual, dalam islam dikenal al-tadakhul (penyerapan), yaitu gabungan hukuman dengan penyerapan dua tindak pidana, sedangkan dalam UUPTPK hanya berhenti pada korupsi yang berupaya pemberian pelayanan seksual, disini dianggap sebagai media buakn suatu unsur pidana gabungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Reny Okpirianti, SH., M.Hum 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: ratifikasi seksual menurut hukum islam dan hukum positif
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 May 2021 05:47
Last Modified: 03 May 2021 05:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16223

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.