ANALISIS KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA AKIBAT PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN DALAM SISTEM PRE ORDER JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 UU ITE.

ALDI TRENDI, NIM : 502017316 (2021) ANALISIS KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA AKIBAT PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN DALAM SISTEM PRE ORDER JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 UU ITE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017316_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
502017316_BAB II_SAMPAI BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA AKIBAT PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN DALAM SISTEM PRE ORDER JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 UU ITE. ALDI TRENDI Pada dasarnya, usaha bisnis online ini sama dengan bisnis offline seperti biasanya. Yang membedakan keduanya hanya lokasi atau tempat bisnis itu dijalankan. Dalam bisnis offline, terdapat toko atau tempat tetap yang digunakan untuk menjual barang atau jasa, sedangkan bisnis online menggunakan media internet sebagai tempat berjualan sekaligus media berpromosi. Antara pembeli dan penjual tidak saling tatap muka dan transaksi dilakukan atas dasar kepercayaan. percakapan/komunikasi yang dilakukan melalui Online Shop antara para pihak yaitu penjual dan pembeli dapat dijadikan alat bukti dan sebagai salah satu alat pembuktian dalam menerangkan perjanjian yang dilakukan antar pihak dengan dasar kesepakatan bersama. Penelitian yang berjudul Analisis Kekuatan Dan Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Akibat Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Dalam Sistem Pre Order Jual Beli Online Dalam Perspektif Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 UU ITE. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah. metode penelitian yang di gunakan adalah hukum normatif yang berbentuk deskriptif pendekatan yang di gunakan dengan mengunakan Peraturan Perundang undangan (statue approach). Metode pendekatan Perundang-Undangan yaitu berarti meletakkan fokus penelitian pada materi Perundang-Undangan yang berlaku terhadap permasalahan mengenai kekuatan dan Perlindungan Hukum Penjual Akibat Pembatalan Sepihak Oleh konsumen Dalam Jual Beli Online. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pertama : Kekuatan Hukum Dalam Sistem Pre Order Jual Beli Online Dalam Perspektif Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008. Adalah Mengunakan kekuatan hukum yang sama dengan jual beli pemesanan barang biasa yang di lakukan di dunia nyata. media elektronik dinyatakan bahwa dalam prakteknya perjanjian elektronik di perbolehkan atau sah dengan menggunakan alat elektronik sebagai alat media bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara penjual dan pembeli. Kedua : Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Akibat Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Dalam Sistem Pre Order Jual Beli Online Dalam Perspektif Undang- Undang Nomor 11 tahun 2008. Yang di atur dalam Pasal 12 Ayat 1, Ayat 3, Pasal 30, Pasal 46, Pasal 48, Pasal 49, UU No 8 Tahun 2008 UU ITE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. arief Wisnu Wardhana, SH., M.Hum 2. Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kekuatan Perlindungan Hukum, Pelaku Usaha, Akibat Pembatalan, Konsumen, pre order, jual beli online.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 May 2021 04:15
Last Modified: 03 May 2021 04:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.