PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG ZAKAT SAHAM DAN OBLIGASI

FADJAR SIDIQ HIDAYAHTULLAH, NIM. 502017374 (2021) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG ZAKAT SAHAM DAN OBLIGASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017374_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (907kB) | Preview
[img] Text
502017374_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Salah satu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi adalah munculnya sarana investasi yang dapat menghasilkan keuntungan. Istilah investasi sering disebut juga penanaman modal. Contoh dalam penanaman modal terdapat pada saham dan obligasi, sehingga jika untung dan telah memenuhi syarat-syarat wajib zakat seperti mencapai nisab dan mencapai haul maka dari keuntungan saham dan obligasi tersebut wajib dikeluarkan zakatnya.Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perspektif hukum islam tentang saham dan obligasi?; (2) Bagaimana ketentuan saham dan obligasi yang wajib dikeluarkan zakatnya dan landasan hukumnya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif hukum islam tentang zakat saham dan obligasi beserta mengetahui ketentuan saham dan obligasi yang wajib dikeluarkan zakat nya dan landasan hukumnya. Penelitian ini mengunakan metode normatif yaitu dengan menjadikan norma-norma (dalil-dalil agama dan Qaidah Ushul Fiqhiyah) sebagai salah satu cara meyakinkan untuk dijadikan bahan rujukan yang diperoleh melalui bahan-bahan kepustakaan beserta peraturan lainnya yang relevan dengan penelitian. Adapun pemdekatan sosiologis yaitu mendekati masalah yang diteliti sesuai dengan norma yang berlaku berdasarkan latar belakang yang ada. Berdasarkan dari hasil penelitian perspektif hukum islam tentang zakat saham dan obligasi wajib hukumnya dengan kadar 2,5% dari nilainya, berikut keuntungannya diakhir tahun atas pemiliknya yang telah genap satu tahun (haul). Landasan hukum zakat yaitu terdapat pada QS al-Ma‘arij(70): 24 dan juga hadist Rasulullah SAW tentang zakat serta secara konstitusional diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Sedangkan untuk saham dan obligasi itu sendiri diperbolehkan selama sesuai dengan Syariah islam dengan landasan pada Fatwa MUI No. 40/DSN-MUI/X/2002 Tentang Pasar Modal Dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah Di Bidang Pasar Modal. Kata Kunci: Zakat, Saham, Obligasi, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Lilies Anisah, S.H., M.H. 2. Hendri S., S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Zakat, Saham, Obligasi, Hukum Islam
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 May 2021 05:45
Last Modified: 04 May 2021 05:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16213

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.