PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA MATERI PECAHAN DI SMP KELAS VII

LELI NOPITASARI, NIM. 332016015 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA MATERI PECAHAN DI SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
332016015_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nopitasari, Leli. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Pada Materi Pecahan di SMP Kelas VII.Skripsi,Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. H, Muslimin Tendri., M.Pd. (2) Rieno Septra Nery., S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Powerpoint, model research and developmen. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media PowerPoint pada materi pecahan di SMP kelas VII. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan research and developmen. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap,yaitu tahap preliminary study (tahap persiapan), tahap pengembangan desain model dan tahap formatif evaliation (tahap evaluasi dan tahap revisi). Subjek penelitian ini yang dilaksankan di MTs Al-Akbar 1 Air Kumbang kelas VII berjumlah 20 siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh media yang valid dan praktis. Penelitian dikategorikan valid yang telah di validasi oleh beberapa para ahli, mulai dari ahli media, materi dan bahasa. Media powerpoint pada materi pecahan ini dikategorikan praktis berdasarkan hasil penelitian peserta didik pada tahap uji coba kepraktisan, media powerpoint mendapatkan jumlah skor 419 dari jumlah total maksimal 480. Jumlah tersebut dipersentasekan menjadi 87,29% dan media powerpoint yang dikembangkan ini dapat dijategorikan “praktis”.Media powerpoint pada materi pecahan dikatakan berhasil pada saat dilakukan subjek penelitian, diperoleh rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 80,00 yang berarti hasil peserta didik yang tergolong baik, dimana terdapat 6 peserta didik (30%) dengan kategori sangat baik, 9 peserta didik (45%) dengan kategori baik, 4 peserta didik (20%) dengnan kategori cukup, 1 pesert didik (5%) dengan kategori kurang, dan tidak ada peserta didik dengan kategori dangat rendah (0%). Berdasarkan hasil analisis belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Powerpoint, model research and developmen.
Subjects: Matematika > Probabilitas dan Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:45
Last Modified: 08 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.