HAK WARIS ANAK DALAM PERKAWINAN CAMPURAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006 TENTANG KEWARGANEGARAAN

Ella Maya Rossa, NIM. 502017116 (2021) HAK WARIS ANAK DALAM PERKAWINAN CAMPURAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006 TENTANG KEWARGANEGARAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017116_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502017116_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

ABSTRAK HAK WARIS ANAK DALAM PERKAWINAN CAMPURAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006 TENTANG KEWARGANEGARAAN Oleh Ella Maya Rossa Perkawinan Campuran adalah Perkawinan Antara Dua Orang yang di Indonesia Tunduk pada Hukum yang Berlainan, Karena Perbedaan Kewarganegaraan dan Salah Satu Pihak Berkewarganegaraan Asing dan Pihak yang Lain Berkewarganegaraan Indonesia. Adapun Jenis Penelitian dalam Skripsi Ini adalah Penelitian Normatif yang Bersifat Deskriptif (Menggambarkan) dan Tidak Bermaksud untuk Menguji Hipotesa. Dalam skripsi ini adapun pemasalahan yang diungkapkan yaitu, bagaimana kedudukan hukum anak yang lahir dari perkawinan campuran di Indonesia dan bagaimana upaya pembagian hak waris terhadap anak dalam perkawinan campuran. Kesimpulan yang didapat dari permasalahan Kedudukan hukum anak yang lahir dari perkawinan campuran, mengingat berlakunya Undang-undang No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia memberi jaminan kewarganegaraan anak dari hasil perkawinan campuran mendapat hak untuk menentukan atau memilih kewarganegaraan. Hak tersebut diberikan jika telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan setelah berusia 18 tahun dan upaya pembagian hak waris anak terhadap anak dalam perkawinan campuran, karena di Indonesia belum mempunyai peraturan perundang-undangan yang bersifat nasional, maka dalam waris tetap mengacu kepada hukum adat, hukum islam dan KUHPerdata. Oleh karena itu waris yang berkaitan dengan perkawinan campuran, diserahkan kepada suami istri yang bersangkutan. Kata kunci: Perkawinan Campuran, Warisan, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mona Wulandari, SH., MH. Pembimbing II : Zulfikri Nawawi, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan Campuran, Warisan, Anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:18
Last Modified: 02 Jun 2021 04:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16175

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.