KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA SUDAH PAILIT

DODY SEPTIAWAN, NIM : 502017059 (2021) KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA SUDAH PAILIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017059_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017059_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA SUDAH PAILIT Oleh: DODY SEPTIAWAN 502017059 Kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan sebagaimana kreditur preferen diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan, sebagaimana yang diterangkan dalam penjelasan umum angka 4 alinea 2 Undang-Undang Hak Tanggungan. Meskipun pengaturan dalam Undang-Undang Hak Tanggungan masih tidak lengkap atau terperinci, namum kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan telah dijamin oleh Undang-Undang Hak Tanggungan. Dengan adanya pasal 56A Nomor 4 Tahun 1998 tentang Undang-Undang Kepailitan. Kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan terhadap obyek hak tanggungan menjadi lemah tidak termasuk hak-hak kreditur pemegang hak tanggungan telah dikurangi atau dibatasi. Pembatasan tersebut berupa elsekusi oleh kreditur pemegang hak tanggungan harus di tanggguhkan 90 hari, dan eksekusi yang dilaksanakan dibatasi hanya dalam waktu tanggang dua bulan. Dalam tenggang waktu dua bulan kreditur pemegang hak tanggungan tidak dapat mengeksekusi obyek hak tanggungan dan eksekusi obyek hak tanggungan pemegang hak tangungan diambil alih oleh kurator, namun ditinjau dari Undang-Undang Kepailitan. Kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan tetap sebagai kreditur separatis, yaitu obyek hak tanggungan tetap tidak termasuk sebagai harta pailit. Undang-Undang Kepailitan mengutamakan pembayaran untang debitur kepada kantor keditur pemegang hak tanggungan. Dalam melaksanakan hak- haknya, kreditur pemegang hak tanggungan dibatasi. Hal ini menyebabkan adanya Konfik norma, yaitu antara norma dalam Undang-Undang Hak Tanggungan dengan norma hukum Undang-Undang Kepailitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Hendri S, SH.,M.Hum 2. Burhanuddin, SH.,M.H
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hak Tanggungan, Kreditur, Kepailitan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 May 2021 03:06
Last Modified: 03 May 2021 03:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.