KRITERIA VISUM ET REVERTUM YANG DAPAT DI KATAGORIKAN SEBAGAI KETERANGAN AHLI DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN

NAGA MUSTIKA FACHRUL, NIM. 502017040 (2021) KRITERIA VISUM ET REVERTUM YANG DAPAT DI KATAGORIKAN SEBAGAI KETERANGAN AHLI DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017040_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Kasus-kasus tindak pidana seperti pembunuhan, penganiayaan dan perkosaan merupakan contoh kasus dimana penyidik membutuhkan bantuan ahli seperti dokter ahli forensik atau dokter ahli lainnya, untuk memberikan keterangan medis tentang kondisi korban yang selanjutnya. Untuk mengetahui dan menjelaskan kriteria visum et revertum yang dapat dikatagorikan sebagai keterangan ahli dalam tindak pidana perkosaan, dan juga untuk mengetahui dan memahami tindakan yang dilakukan penyidik jika visum et revertum tidak mencantumkan keterangan mengenai tanda kekerasan pada korban perkosaan. Berdasarkan hasil penelitian dipahami kriteria visum et revertum yang dapat dikatagorikan sebagai keterangan ahli dalam perkosaan meliputi: (a) keterangan ahli, (b) surat, (c) petunjuk. Tindakan yang dilakukan penyidik jika visum et revertum tidak mencantumkan keterangan mengenai tanda kekerasan pada korban perkosaan, maka akan dilakukan upaya/tindakan oleh penyidik untuk menemukan dan membuktikan adanya unsur tersebut atau unsur ancaman kekerasan, seperti pemeriksaan terhadap pelaku, saksi-saksi dan korban untuk mendapatkan keterangan selengkap mungkin, pemeriksaan dan penyitaan benda-benda yang dapat menjadi barang bukti terjadinya tindak pidana perkosaan, khususnya yang menunjukkan terjadinya unsur kekerasan terhadap korban, serta bila perlu dilakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Luil Maknun, SH., MH 2. Reny Okpirianti, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kriteria visum et revertum, dikatagorikan sebagai keterangan ahli
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:31
Last Modified: 29 Apr 2021 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16163

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.