PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA MENJUAL BENDA YANG SEDANG MENJADI OBJEK JAMINAN

SEPTIAN WAHYU, 502017108 (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA MENJUAL BENDA YANG SEDANG MENJADI OBJEK JAMINAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
50 2017 108 _BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (999kB) | Preview
[img] Text
502017108_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

v ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA MENJUAL BENDA YANG SEDANG MENJADI OBJEK JAMINAN SEPTIAN WAHYU 502017108 Jaminan fidusia adalah Jaminan kebendaan atas benda baik yang bergerak maupun tidak bergerak sehubungan dengan hutang-piutang antara debitur dan kreditur. Setelah perjanjian kredit berjalan, ada sebagian pihak debitur yang beritikad buruk dengan mengalihkannya dengan menjual atau menyewakan benda tersebut tanpa sepengetahuan kreditur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum kasus jaminan fidusia secara pidana dan untuk mengetahui optimalisasi hukum yang dapat diupayakan untuk menyelesaikan pengalihan objek jaminan fidusia yang dialihkan pada pihak ketiga tanpa seizin dari kreditur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akibat hukum yang ditimbulkan yaitu debitur dapat dikategorikan melakukan perbuatan tindak pidana mengalihkan objek jaminan fidusia tanpa persetujuan tertulis dari kreditur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 Undang-Undang jaminan fidusia bahwa pemberi fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan kepada pihak lain benda yang menjadi objek jaminan, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari penerima fidusia. Kata Kunci : Jaminan Fidusia, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Hendri S S.H.,M.Hum 2. Rusniati S.E.,S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Jaminan fidusia, Tindak pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:53
Last Modified: 08 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.