SANKSI PIDANA TERHADAP ORANG TUA YANG MELAKUKAN PENGANIAYAAN TERHADAP ANAKNYA

RIDO APRIANSYAH, NIM. 502017186 (2021) SANKSI PIDANA TERHADAP ORANG TUA YANG MELAKUKAN PENGANIAYAAN TERHADAP ANAKNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017186_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017186_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Penganiayaan itu merupakan tindak pidana, terhadap pelakunya dikenakan ancaman pidana. Meskipun demikian tindak pidana itu selalu saja terjadi. Termasuk juga tindakan kekerasan (penganiayaan) terhadap anak yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri walaupun dengan dalih untuk pembinaan dan mendidik agar anaknya disiplin. Untuk mengetahui dan menjelaskan sanksi pidana orang tua yang melakukan penganiayaan terhadap anaknya, dan juga untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor yang menyebabkan orang tua melakukan penganiayaan terhadap anaknya. Berdasarkan hasil penelitian dipahami sanksi pidana terhadap orang tua yang melakukan penganiayaan terhadap anaknya ialah: berupa pidana penjara dan pidana denda, ditambah dengan sepertiga sebagaimana dimaksud di dalam Pasal 356 KUHP. Faktor yang memberikan pidana diletakkan padahal yang demikian khususnya oleh orang tua pada anaknya, dikarenakan melakukan penganiayaan sesama anggota keluarga dipandang perbuatan yang lebih buruk, sebagai kesalahan yang lebih besar dari pada penganiayaan terhadap orang lain. Faktor-faktor yang menyebabkan orang tua melakukan penganiayaan terhadap anaknya adalah: (a) faktor kesalah fahaman, (b) faktor perbedaan pendapat, (c) faktor tingkat emosional yang tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Reny Okprianti, SH., M.Hum 2. Hj. Kurniati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Sanksi pidana orang tua melakukan penganiayaan terhadap anaknya
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 May 2021 04:24
Last Modified: 24 May 2021 04:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.