SUMPAH SEBAGAI ALAT BUKTI DALAM PEMERIKSAAN PERKARA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG

VANESSA JULIAN, NIM. 502016008 (2021) SUMPAH SEBAGAI ALAT BUKTI DALAM PEMERIKSAAN PERKARA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
502016008_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SUMPAH SEBAGAI ALAT BUKTI DALAM PEMERIKSAAN PERKARA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG Oleh Vanessa Julian Sumpah adalah suatu alat bukti dalam perkara perdata, apabila tidak ada alat bukti lain, maka para pihak dapat memohon untuk membuktikan kebenaran apa yang dikemukakan dengan sumpah. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana kedudukan sumpah sebagai alat bukti dalam pemeriksaan perkara perdata di Pengadilan Negeri Klas I A Palembang ? dan Apakah akibat hukum apabila alat bukti sumpah tidak didukung oleh alat bukti lainnya dalam pemeriksaan perkara perdata di Pengadilan Negeri Klas I A Palembang ? . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis yang bersifat deskriptif. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa : Kekuatan sumpah sebagai alat bukti dalam pemeriksaan perkara perdata di Pengadilan Negeri Klas I A Palembang, bahwasanya sumpah tersebut harus didukung oleh alat bukti lain sejalan dengan asas dalam pembuktian bahwasanya sebab sumpah negatie (pengingkaran) tidak dianggap sebagai alat bukti, kecuali sebagai sumpah pemutus yang diminta oleh pihak lawannya.Akibat hukum apabila alat bukti sumpah tidak didukung oleh alat bukti lainnya dalam pemeriksaan perkara perdata di Pengadilan Negeri Klas I A Palembang, maka alat bukti sumpah tersebut tidak bernilai dimana hakim dapat mengabaikan dari sumpah tersebut sebagai alat bukti. Kata Kunci : Sumpah, Alat Bukti, Perdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mulyadi Tanzili, SH, MH. Pembimbing II : Mona Wulandari, SH, MH.
Uncontrolled Keywords: Sumpah, Alat Bukti, Perdata
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 May 2021 04:08
Last Modified: 03 May 2021 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16124

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.