STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARI’AH DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNIT GADAI SYARI’AHPADA PT. PEGADAIAN SYARI’AH PLAJU (Studi Kasus)

NOVITA SARI, 642017015 (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARI’AH DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNIT GADAI SYARI’AHPADA PT. PEGADAIAN SYARI’AH PLAJU (Studi Kasus). Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
642017015 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642017015 BAB II SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ’’Strategi Pemasaran Produk Gadai Syari’ah dalam Menarik Minat Nasabah Unit Gadai Syari’ah Pada PT. Pegadaian Syari’ah Plaju (studi kasus)’’ ini ditulis oleh Novita Sari, NIM: 642017015, sebagai pembimbing satu Dr. Hoirul Amri, M.E.Sy dan pembimbing dua Hendri Nur Alam, S.E., M.Si. tahun 2021. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap gejala secara kontektual melalui kumpulan data dan memanfatakan diri peneliti sebagai instrument kunci. Untuk mengetahui kumpulan data maka metode-metode yang diperlukan yaitu dengan menggunakan metode Observasi merupakan salah satu metode pengumpulan data yang menggunakan pengamatan terhadap objek penelitian melaui metode observasi seorang peneliti dapat mengamati gejala-gejala yang terjadi di lapangan. Metode Wawancara adalah proses diperoleh untuk mengumpulkan informasi dengan menggunakan cara tanya jawab bisa sambil tatap muka ataupun melalui telekomunikasi untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang sebuah isu atau tema yang diangkat dalam penelitian. Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan cara membaca dan menguntip dokumen-dokumen yang ada dan dipandang sebagai relevan sesuai kondisi yang ada. Perum pegadaian merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kemasyarakat atas dasar hukum gadai. Dalam sistem pembiayaan itulah menyalurkan dana kemasyarakat perum pegadaian menerapkan strategi pegadaian. Pegadaian Syari’ah adalah pegadaian dalam menjalankan operasionalnya berpegang kepada prinsip Syari’ah. Strategi pemasaran produk gadai Syari’ah mampu menarik minat nasabah yang dilakukan oleh unit pegadaian Syari’ah Plaju Ahmad Yani, dengan menggunakan berbagai macam strategi yaitu: pertama, strategi dalam bidang produk, kedua strategi dalam bidang harga, ketiga strategi dalam bidang distribusi, dan terakhir strategi dalam bidang promosi. Dari hasil penelitian penulis, implementasi dari strategi pemasaran produk gadai Syari’ah dapat membantu dalam penambahan nasabah. Ini dapat dilihat dari terus meningkatnya jumlah nasabah, uang pinjaman/omzet dari jumlah barang jaminan yang di peroleh oleh Pegadaian Syari’ah cabang Plaju Ahmad Yani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Hoirul Amri. M.E. Sy 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Produk, Gadai Syariah
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 May 2021 03:03
Last Modified: 27 May 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.