ANALISIS PENGARUH INTENSITAS CAHAYA MATAHARI PADA PANEL SEL SURYA TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN

YOGA RAMALENO, NIM. 132016124 (2021) ANALISIS PENGARUH INTENSITAS CAHAYA MATAHARI PADA PANEL SEL SURYA TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016124_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
132016124_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Panel sel surya merupakan sebuah elemen semikonduktor yang dapat mengkonversi energi surya menjadi energi listrik dengan prinsip fotovoltaik. Intensitas cahaya matahari sebagai sumber energi dalam penerapan panel sel surya, sehingga daya dan efisiensi keluarannya sangat bergantung pada perubahan intensitas cahaya matahari. Parameter kondisi yang berpengaruh secara signifikan terhadap daya yang dihasilkan PLTS adalah perubahan intensitas cahaya matahari pada permukaan panel sel surya. Tujuan penelitian ini menganalisis perubahaan daya yang dihasilkan PLTS terhadap perubahaan intensitas cahaya matahari pada panel sel surya. Metode penelitian ini dilakukan pengambilan data perhitungan dan analisis intensitas cahaya matahari dan daya keluaran dilakukan dengan cara mengukur langsung ke sumber beban menggunakan alat ukur. Hasil data pengukuran dan perhitungan selanjutnya diverifikasi dan divalidasi dan dibentuk dalam tabel dan grafik.Dari pengukuran nilai rata-rata menunjukan bahwa intensitas cahaya matahari tertinggi yaitu 106,15 Watt/m2 terjadi pada pada jam 12:00 WIB mampu menghasilkan daya 94,50 Watt, sedangkan nilai rata-rata intensitas cahaya matahari paling rendah yaitu 314,5 Watt/m2 terjadi pada pada jam 17:00 WIB dengan menghasilkan daya 35,16 Watt. Pada saat dilakukan pengukuran dapat disimpulkan, bahwa besarnya intensitas cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap jumlah daya yang dihasilkan setiap jamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Feby Ardianto, S.T., M.Cs 2.Bengawan Alfaresi, ST., MT
Uncontrolled Keywords: Panel sel surya, Intensitascahayamatahari, Daya keluaran
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:26
Last Modified: 23 Apr 2021 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16026

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.