ANALISIS KRITERIA PERBUATAN WANPRESTASI ADVOKAT DIDALAM PEMBERIAN JASA HUKUM DIDALAM PROSES PENYELESAIAN PERKARA KLIEN DI PENGADILAN

NANDA RAHMAWATI, NIM. 502017055 (2021) ANALISIS KRITERIA PERBUATAN WANPRESTASI ADVOKAT DIDALAM PEMBERIAN JASA HUKUM DIDALAM PROSES PENYELESAIAN PERKARA KLIEN DI PENGADILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017055_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502017055_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KRITERIA PERBUATAN WANPRESTASI ADVOKAT DIDALAM PEMBERIAN JASA HUKUM DIDALAM PROSES PENYELESAIAN PERKARA KLIEN DI PENGADILAN OLEH NANDA RAHMAWATI Pengertian Wanprestasi adalah pelaksanaan kewajiban yang tidak dipenuhi atau ingkar janji atau adanya kelalaian yang dilakukan oleh debitur baik karena tidak melaksanakan apa yang telah diperjanjikan maupun malah melakukan sesuatu yang menurut perjanjian tidak boleh dilakukan. Permasalahan dari penelitian yang diambil ialah, Perbuatan apakah yang dapat dikategorikan sebagai tindakan wanprestasi advokat terhadap klien dalam penyelesaian perkara kliennya, dan kedua ialah Apakah klien dapat mengajukan gugatan perkara terhadap Advokat yang telah melakukan wanprestasi dan menimbulkan kerugian dalam pengurusan perkara di Pengadilan. Metode penelitian yang digunakan adalah Normatif yang disertakan dengan wawancara,dan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Dalam hal ini adakalanya kepercayaan berubah menjadi sengketa antara kedua belah pihak yang sulit diselesaikan melalui komunikasi biasa penyebabnya antara lain, yang umum terjadi antara lain karena masalah honorarium atau fee dan ketidaksehapahaman antara advokat dengan klien mengenai langkah hukum tertentu yang harus dilakukan. Dan Wanprestasi dengan kerugian yang dialami klien dapat dibuktikan, siapa pun dapat mengajukan gugatan Perdata atas kerugian apa yang dialaminya, akan tetapi untuk putusan dikabulkan atau tidak gugatan tersebut semua ada di fakta-fakta hukum yang dituangkan dalam pertimbangan hakim. Semakin banyaknya bentuk-bentuk wanprestasi yang dapat dilakukan oleh para pihak, maka diharapkan dalam melakukan perjanjian semua para pihak telah mengantasipasi segala kemungkinan yang akan muncul dalam perjanjian, dan dengan meyakinkan lagi kepada kedua belah pihak bahwa dengan proses segalanya akan menjadi lebih mudah dan murah, tanpa adanya jalur tempuh litigasi. Kata Kunci : Analisis kriteria, Wanprestasi Advokat, Jasa Hukum, Penyelesaian Perkara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Arief Wisnu Wardhana, S.H., M.Hum. Pembimbing 2 : Hj. Siti Mardiyati, S.H.,MH.
Uncontrolled Keywords: Analisis kriteria, Wanprestasi Advokat, Jasa Hukum, Penyelesaian Perkara
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Apr 2021 03:54
Last Modified: 24 Apr 2021 03:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.