STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUHAJIRIN SUMBER MAKMUR KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN

NUR BADRIYAH, 622017011 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUHAJIRIN SUMBER MAKMUR KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
622016031 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Badriyah NIM. 622017011, Skripsi dengan judul Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhajirin Sumber Makmur Kecamatan. Muara Padang Kabupaten. Banyuasin. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Strategi guru adalah pembelajaran atau tindakan untuk melaksanakan rencamna mengajar. Artinya usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pembelajaran tujuan, bahan, metode, dan alat, serta evaluasi. Agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan motivasi belajar yaitu dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar. Dengan adanya motivasi, siswa akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Penelitian ini di laterbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hal ini berdampak pada menurunya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh sebab itu perlu adanya strategi khusus guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhajirin Sumber Makmur Kecamatan. Muara Padang Kababupaten. Banyuasin. Data yang peneliti dapatkan dari guru Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi hasil penelitian mengugkapkan. (1) Nilai siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhajirin Sumber Makmur Kecamatan. Muara Padang Kabupaten. Banyuasin masih dalam kategori rendah karena adanya siswa yang kurang memahami dan kurang menyukai mata pelajaran tersebut dan serta banyak hambatanya siswa untuk membaca materi dan mencari tahu tentang mata pelajaran tersebut. (2) Strategi guru dalam memotivasi belajar siswa Pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam di Madrasah Tsanawiyah AL-Muhajirin Sumber Makmur Kecamatan. Muara Padang Kabupaten. Banyuasin yaitu: melalui (a) pendekatan individual, (b) Pendekatan pemberian sangsi, (c) Pendekatan pemberian bimbingan, (d) pemberian angka Angka, (e) Hadiah, (f) Pujian, (g) Memberi tugas, (h) Memberi ulangan. (3) Faktor-faktor yang mendukung Strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan faktor yang paling dominan adalah faktor internal yaitu faktor siswadari diri siswa itu sendiri, Adapun faktor yang menghambat strategi guru Sejarah Kebudayan Islam dalam memotivasi belajar siswa adalah faktor eksternal yaitu faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:21
Last Modified: 08 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16015

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.