TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN PERKAWINAN YANG DIBUAT SETELAH DILANGSUNGKANNYA PERKAWINAN

Clarisadian Retha, NIM. 502017074 (2021) TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN PERKAWINAN YANG DIBUAT SETELAH DILANGSUNGKANNYA PERKAWINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017074_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502017074_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN PERKAWINAN YANG DIBUAT SETELAH DILANGSUNGKANNYA PERKAWINAN Oleh Clarisadian Retha Perkawinan merupakan peristiwa penting dalam kehidupan setiap manusia. Perkawinan yang terjadi antara seorang pria dengan seorang wanita akan menimbulkan akibat lahir maupun batin antara mereka, terhadap masyarakat dan juga hubungannya dengan harta kekayaan yang diperoleh di antara mereka baik sebelum,selama maupun sesudah perkawinan berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian hukum yang dipandang dari sudut tujuan penelitian hukum yaitu: penelitian normatif, yang bersifat deskriptif atau menggambarkan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder,maka untuk memperoleh data adalah dengan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode penafsiran. Pengaturan perjanjian perkawinan,dapat dilihat antara lain di dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan Bab V pasal 29 ayat 1 sampai dengan ayat 4,Kitab Undang-undang Hukum Perdata Bab VII pasal 139 sampai dengan pasal 154,Kompilasi Hukum Islam Bab VII pasal 45 sampai dengan pasal 52.Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan di dalamnya disebutkan bahwa perjanjian perkawinan juga diatur di undang-undang ini. Dalam skripsi ini ada dua hal yang ingin diungkapkan oleh peneliti yaitu, mengenai Dasar Pertimbangan yang dipakai calon suami istri dalam membuat perjanjian kawin, akibat hukum terhadap perjanjian kawin yang dibuat oleh calon suami Istri setelah dilangsungkannya perkawinan. Dari hasil penelitian,diketahui bahwa alasan yang diajukan oleh calon suami istri pada saat membuat perjanjian kawin adalah alasan yang bersifat individualistik,adanya pergeseran sistem nilai serta pandangan suami dan istri terhadap harta kekayaan perkawinan. Di sisi lain isi perjanjian kawin yang dibuat adalah mengenai pemisahan harta kekayaan,sedangkan materi lain diluar harta kekayaan perkawinan jarang terjadi. Kata Kunci: Perjanjian kawin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Hj. Lilies Anisah, SH., MH. Pembimbing 2 : Atika Ismail, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian kawin
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Apr 2021 03:52
Last Modified: 24 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.