Pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan proyek bendungan Tiga dihaji Kabupaten OKU Selatan

Filigri, NIM. 502017208 (2021) Pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan proyek bendungan Tiga dihaji Kabupaten OKU Selatan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017208_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
502017208_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Proyek Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan FILIGRI Perolehan tanah untuk kepentingan umum dapat ditempuh melalui pengadaan tanah. Pengadaan tanah untuk kepentingan umum memerlukan persetujuan dari pihak yang berhak atas tanah. Jika pihak yang berhak tersebut tidak bersedia melepas haknya, maka timbul sengketa antara instansi yang memerlukan tanah dengan pihak yang berhak. Penyelesaian sengketa dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum dapat ditempuh melalui musyawarah antara instansi yang memerlukan tanah dengan pihak yang berhak atas tanah. ​Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Proyek Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan dan Kendala yang terjadi dalam Pelaksanaan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Proyek Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan. ​ Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari penelitian kepustakaan (library research), dalam usaha mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yang relevan yaitu berupa buku-buku, hasil penelitian dan hasil karya (ilmiah) sedangkan data lapangan (field reserch), diperoleh melalui wawancara dengan pihak Pertanahan OKU Selatan . Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan secara tekstual, lalu dikonstruksikan secara kualitatif, untuk selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. ​Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan Pengadaan Tanah untuk pembangunan Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan tersebut sudah sesuai dengan UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, yaitu melalui tahap perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan, dan Penyerahan Hasil. 2. Kendala yang terjadi dalam Pelaksanaan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Proyek Bendungan Tiga Dihaji yaitu, Tidak samanya data objek pengadaan tanah dan pihak yang berhak Di lapangan, Dalam kegiatan pelaksanaan pengadaan tanah masyarakat setempat banyak yang berkerja sebagai petani yang menginap dikebun, maka dari itu pihak penitia harus bisa disesuaikan jadwalnya, Jalan menuju lokasi yang jauh dan terjal menjadikan pelaksanaan pengadaan tanah terhambat, Adanya tanah kawasan Hutan Lindung dalam Proyek Bendungan Tiga Dihaji tersebut, Adanya pihak yang memprovokasi pihak yang berhak atas tanah, Pemohon yang kurang terbuka dalam anggaran pelaksanaan tanah, Faktor internal yaitu kurangnya petugas sehingga menghambat pelaksanaan pengadaan tanah. Kata Kunci : Pengadaan Tanah, Proyek Bendungan Tiga Dihaji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : H. Abdul Hamid Usman, S.H., M. Hum Pembimbing 2 : Mulyadi Tanzili, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah, Proyek Bendungan Tiga Dihaji
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:32
Last Modified: 21 Apr 2021 04:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.