ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DALAM JABATAN

INDRI AYU WULANDARI, NIM. 502017356 (2021) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DALAM JABATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017356_BAB I_DAFTAR PUSTAKA......pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017356_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR......pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DALAM JABATAN INDRI AYU WULANDARI Penggelapan menurut Pasal 374 Kitab Undang-undang Hukum Pidana adalah Penggelapan yang dilakukan oleh orang penguasaannya terhadap barang disebabkan karena ada hubungan kerja atau karena pencaharian atau karena dapat upah untuk itu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan : Analisis Yuridis Tindak Pidana Penggelapan Dalam Jabatan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu Bagaimana penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana penggelapan dalam jabatan serta Apakah unsur-unsur tindak pidana penggelapan dalam jabatan. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum yuridis normative. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan, (Library Research) Penelitian keputusan melakukan pengkajian terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer (peraturan perundang-undangan), bahan hokum sekunder, (literatur, jurnal, makalah, karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmiah), dan bahan hukum tertier (Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Inggris, Kamus Bahasa Belanda, Kamus Hukum, Ensiklopedia, Data Statistik). Berdasarkan penelitian ini, dapat dipahami bahwa penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana penggelapan dalam jabatan yaitu diatur dalam Pasal 374 KUHP tentang penggelapan yang dilakukan oleh orang yang penguasaannya terhadap barang disebabkan karena ada hubungan kerja atau karena pencaharian atau karena mendapat upah untuk itu. Dan unsur-unsur tindak pidana penggelapan dalam jabatan yaitu unsur Subjektif (barang siapa, dengan sengaja) dan unsur Objektif (mengaku sebagai milik sendiri, suatu benda, sebagian atau seluruhnya milik orang lain, berada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Hj. Sri Sulastri, S.H., M.H. 2. M. Soleh Idrus, S.H., MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : tindak pidana, penggelapan, Jabatan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:02
Last Modified: 10 Aug 2022 02:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.