PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PARTAI POLITIK (ANALIS KASUS PUTUSAN HAKIM NOMOR 708/PID/2019 DI PENGADILAN NEGERI PALEMBANG)

NESI ARISKA, NIM. 502017025 (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PARTAI POLITIK (ANALIS KASUS PUTUSAN HAKIM NOMOR 708/PID/2019 DI PENGADILAN NEGERI PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017025_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017025_BAB II_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tindak pidana penipun merupakan salah satu tindak kejahatan melawan hukum sehingga dapat dikenakan hukuman pidana. Tindak pidana penipuan adalah sebuah tipu muslihat dan rangkaian kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi yang dibuat sedemikian rupa yang seakan-akan itu benar. Meskipun memiliki arti hukum yang lebih dalam, detail tentang penipuan bervariasi di berbagai wilayah hukum salah satunya tindak pidana penipuan yang mengatasnamkan partai politik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pertanggungjawaban pidana pelaku tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan partai politik. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu Bagaimanakah pertanggungjawaban pelaku tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan partai politik (Analisis Kasus Putusan Hakim Nomor 708k/Pid/2019 Di Pengadilan Negeri Palembang) serta Bagaimanakah penerapan Pasal 378 KUHP terhadap pelaku tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan partai politik (Analisis Kasus Putusan Hakim Nomor 708k/Pid/2019 Di Pengadilan Negeri Palembang). Adapun jenis penelitian dan penulisan skripsi ini adalah metode penelitian yuridis normatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder, yaitu melalui library research (penelitian kepustaaan) dengan mempergunakan bahan hukum primer dan sekunder seperti buku-buku ilmia, putusan pengadilan negeri, peraturan perundang-undangan, serta internet yang berkaitan dengan penulisan skripsi ini. Berdasrkan hasil penelitihan ini bahwa dalam putusan Pengadilan Negeri Palembang Nomor 708k/Pid/2019 menyatakan Terdakwa dapat bertangggungjawab atas perbuatan pidana yang dilakukannya dikarenakan adanya unsur kesengajaan telah melakukan tindak pidana penipuan dan menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi terdakwa berdasarkan keterangan para saksi di bawah sumpah, bukti surat dan dua alat bukti yang sah ditambah dengan keyakinan Hakim, maka Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana secara bersama-sama melakukan tindak pidana penipuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. M. Soleh Idrus, S.H.,MS 2. H. Syairozi, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban pidana, Penipuan, Partai politik
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:42
Last Modified: 21 Apr 2021 05:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15946

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.