PERANCANGAN KAWASAN WISATA DAN BUDAYA DI LUBUKLINGGAU

CINDYSHANIA SHAFIRA KUSWARA, NIM. 142016037 (2021) PERANCANGAN KAWASAN WISATA DAN BUDAYA DI LUBUKLINGGAU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
142016037_BAB 1_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
142016037_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pada perancangan kawasan wisata dan budaya mewadahi aktivitas wisata dan budaya yang berlokasi di Jalan Bengawan Solo, kelurahan Ulak Surung. Kawasan wisata dan budaya meliputi fungsi wisata yang berisi budaya yang ada di kota Lubuklinggau. Sebagai fungsi edukatif, dalam Pusat Wisata dan Budaya mewadahi sarana pelajaran bagi para pengunjung dengan mengenalkan apa itu batik Durian khas Lubuklinggau, dan Sejarah terciptanya batik durian, serta menyediakan sarana pembelajaran tentang batik durian dan cara pembuatannya. Dalam Pusat Wisata dan Budaya itu sendiri dapat menjadi salah satu tujuan dari sekolah-sekolah yang ingin memasukan unsur kebudayaan lokal yang ada di kota Lubuklinggau sebagai tempat penelitian. kawasan wisata dan budaya juga Menyediakan workshop untuk kelas belajar membatik yang terbuka untuk umum kepada wisatawan yang berkunjung dan diharapkan mampu memperkenalkan batik dengan mengajarkan cara pembuatannya kepada khalayak ramai. Dengan adanya pusat budaya yang mewadahi beberapa aktivitas pengunjung, maka perancangan ini menyediakan fasilitas penginapan berupa Hotel Resort Beserta cottage yang di peruntukkan bagi wisatawan yang akan menginap. Karena rancangan ini merupakan pusat budaya, maka di ambil tema Post modern cabang Neo Vernakularyang menerapkan unsur tradisional atau budaya lokal yang ada di Kota Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sisca Novia Angrini, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Kawasan Wisata, Budaya, Batik Durian, Neo Vernakular.
Subjects: Arsitektur > Arsitektur Modern
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:42
Last Modified: 20 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.