EFEKTIFITAS PENERAPAN DIVERSI UNTUK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

M. RIZKI AL MUFAQQI, NIM. 502017302 (2021) EFEKTIFITAS PENERAPAN DIVERSI UNTUK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017302_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017302_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

ABSTRAK Diversi diatur dalam undang-undang Nomor 11 tahun 2012. Dimana tujuan diversi ini adalah untuk tercapainya perdamaian antara korban dan anak dengan cara penyelesaian diluar proses pengadilan, menghidari dari perampasan kemerdekaan anak, mendorong masyarakat untuk berpatisipasi, dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak. Adapun permasalahan yang peneliti pilih disini adalah penerapan diversi pada tingkat penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan pengadilann dan mengetahui keefektifitasan dari penerapan diversi di wilayah kota Palembang untuk anak yang berhadapan dengan hukum Jenis penelitian yang diambil oleh peneliti adalah jenis penelitian hukum yuridis empiris. Penelitian ini akan menganalisis permasalahan melalui data yang diambil dari lapangan. Data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan (field research) adalah melalui wawancara kepada narasumber dan dengan metode angket. Data sekunder yang dijadikan objek studi kepustakaan. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode pendekatan kualitatif Hasil dari pembagian kuesioner dan wawancara kepada narasumber kepada para pihak yang berkaitan dengan proses diversi menujukan bukti dan hasil bahwa tujuan diversi sudah berjalan dengan dengan baik dan sesuai dengan tujuan dilaksanakannya UU SPPA. Berdasarkan semua teori yang digunakan dalam keefektifitasan hukum soerjono soekanto juga sudah ada dalam penerapan diversi tahap penyidikan, penuntutan, pemeriksaan pengadilan di kota Palembang. Maka dari itu proses diversi sudah efektif di kota Palembang. Berdasarkan penelitian penulis, maka dapat disimpulakan bahwa proses Diversi di tahap penyidikan, penuntutan, pemeriksaan pengadilan Wilayah kota Palembang sudah berjalan efektif. Walaupun banyak hambatan yang di peroleh oleh penulis dalam penelitian ini. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah yang terkait serta teori yang berkaitan membuktikan bahwa diversi sudah efektif diterapkan untuk anak yang berhadapan dengan hukum ditahap penyidikan, penuntutan, pemeriksaan pengadilan di kota Palembang Kata kunci: efektifitas diversi, anak yang berhadapan dengan hukum, sistem peradilan pidana anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Muhammad Yahya Selma, SH., MH 2. M. Soleh Idrus, SH., MS
Uncontrolled Keywords: kata kunci :efektifitas diversi, anak yang berhadapan dengan hukum, sistem peradilan pidana anak
Subjects: Ilmu Hukum > Pengadilan Pidana
Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Aug 2021 02:47
Last Modified: 16 Aug 2021 02:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.