ANALISA KEBUTUHAN AIR BERSIH DI GEDUNG MA'HAD AL-JAMI'AH AL-FIKRY UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Achmad Kevin Ihza Tarangga, NIM. 112017159 (2021) ANALISA KEBUTUHAN AIR BERSIH DI GEDUNG MA'HAD AL-JAMI'AH AL-FIKRY UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112017159_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
112017159_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gedung Ma’had Al-Jami’ah Al-Fikry UIN Raden Fatah Palembang merupakan Gedung yang berdiri di kawasan UIN Raden Fatah Palembang dengan luas tanah ± 4.225 m2. Ma’had Al-Jami’ah Al-Fikry UIN Raden Fatah Palembang ini merupakan Gedung yang difungsikan sebagai asrama tempat mahasantri mengabdi, oleh karena itu dalam kawasan Ma’had ini terdapat dua gedung yaitu Gedung A untuk asrama putri dan Gedung B untuk asrama putra. Adapun salah satu utilitas utama dalam sebuah gedung yaitu sistem penyediaan kebutuhan air bersih, tak terkecuali Gedung Ma’had Al-Jami’ah Al-Fikry UIN Raden Fatah Palembang. Air bersih merupakan kebutuhan paling mendasar untuk penghuni yang dipergunakan sehari-hari dalam aktivitas seperti mandi, mencuci, kebutuhan dapur, kakus, berwudhu, dan kebersihan gedung. Agar kebutuhan air bersih ini terpenuhi, maka diperlukan sistem penyediaan air bersih yang memadai contohnya kapasitas Ground Water Tank dan Reservoir atas yang mampu menampung debit kebutuhan penghuni perharinya. Berdasarkan hasil analisa diperoleh kebutuhan air bersih perhari untuk gedung A yaitu 24.718 liter/hari dan untuk gedung B yaitu 20.448 liter/hari. Dari angka ini menghasilkan kapasitas penyimpanan total efektif masing-masing untuk Gedung A dan B yaitu 45.000 liter dan 37.510 liter. Dari sini dapat terlihat bahwa kebutuhan air bersih masih tidak seimbang dengan sistem penyediaan air yang ada. Oleh karena itu jumlah Ground Water Tank dan Reservoir atas lebih baik ditambahkan secukupnya sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ir. Sudirman Kimi, M.T
Uncontrolled Keywords: Gedung Ma’had, air bersih, analisa
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Apr 2021 06:38
Last Modified: 17 Apr 2021 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.