IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR

SEPTIANA PUTRI, 622017039 (2021) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017039 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text
622017039 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK Septiana Putri, NIM 622017039, Skripsi 2021, Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Implementasi merupakan suatu tindakan atau pelaksanaan rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang). Sedangkan teori adalah suatu proses pengembangan ide-ide pemikiran terhadap satu konsep yang berhubungan dengan suatu pandangan sistematis dari suatu variabel yang behubungan dengan fenomena alamiah. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku maupun pola berpikir seseorang melalui pembelajaran formal, informal, praktek dan latihan. Yang terbagi dalam tiga aspek yakni kognitif (ranah intelektual), afektif (ranah sikap), psikomotor (keterampilan atau tindakan). Humanistik merupakan suatu teori yang dapat mengembangkan konsep untuk memanusiakan manusia, dan dapat memberikan kegiatan yang memotivsi keingintahuan siswa terhadap pelajaran agama Islam dan membantu peserta didik mengidentifikasi kemampuan siswa mengwujudkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka serta untuk memecahkan masalah mereka dalam menguasai materi yang dibahas dengan penuh antisipasi dan tanggung jawab. Serta membina sosialisasi dikelas sehingga tercipta attitude (sikap) dalam menghadapi segala masalah yang mereka hadapi, memperkuat pemahaman dan keterampilan peserta didik tanpa dibebani oleh paksaan guru dan guru berfungsi sebagai fasilisator bagi peserta didiknya. Jadi kesimpulan dari Implementasi Teori Belajar Humanistik Pendidikan Agama Islam adalah suatu penerapan perubahan kepribadian seseorang dan perkembangan pola pikir yang tadinya tidak tahu menjadi tau. Dalam kepribadian karakteristik seseorang sangat berbeda-beda pada suatu proses pembelajaran seseorang dapat mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, sehingga pesrta didik mampu berfungsi sebagai proses memanusikan manusia (humanisasi). Dan pesrta didik dapat mengembangkan kompotensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan dan sikap serta semakin berkarakter dalam kepribadiannya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan metode kualitatif yang menggunakan dua sumber data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang menjawab permasalahan yang ada. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan teori belajar humanistik di SMP Negeri 2 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir dilaksanakan melalui model pembelajaran yang aktif salah satunya dengan model pembelajaran diskusi dan presentasi, yang bertujuan untuk melatih keberanian siswa dan kemandirian siswa untuk mengemukan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Suroso, S.Ag., M.Pd.I. 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Teori, Belajar, Humanistik
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:10
Last Modified: 08 Oct 2021 04:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.