PERLINDUNGAN HAK KARYA CIPTA TERKAIT COVER VERSION LAGU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG HAK CIPTA NOMOR 28 TAHUN 2014

Muhamad Jamil Akbar Robainsyah, NIM. 502017242 (2021) PERLINDUNGAN HAK KARYA CIPTA TERKAIT COVER VERSION LAGU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG HAK CIPTA NOMOR 28 TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017242_BAB_I_SAMPAI_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017242__BAB_II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan Hak Karya Cipta Terkait Cover Version Lagu Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 Muhamad Jamil Akbar Robainsyah Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif penelititan yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Dalam hal ini adalah UU Hak Cipta Tahun 2014. Pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah melalui penelitian kepustakaan (library research) untuk mendapatkan konsep-konsep dan teori-teori dan informasi-informasi serta pemikiran konseptual dari penelitian pendahuluan. Indikasi Ada dan Terjadinya Pelanggaran Hukum Terhadap Karya Cipta Cover Version Lagu Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014. Pelanggaran berarti tindakan yang melanggar hak cipta, sepeti penggunaan hak cipta, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pelanggaran terhadap Hak Cipta di Indonesia, antara lain : Faktor Ekonomi, Faktor Sosial Budaya, Faktor Pendidikan, dan Lemahnya Penegakan Hukum terhadap Pelaku Pelangaran. Perlindungan dan Upaya Hukum Yang Dapat dilakukan Pencipta Lagu Terhadap Pelanggaran Cover Version. Upaya perlindungan harus diberikan terhadap lagu yang bebas di cover oleh pelanggar Hak Cipta yang di upload untuk kepentingan komersial terutama di media internet salah satunya YouTube yang paling utama adalah peran dari pemerintah melalui upaya preventif. Agar pelanggar Karya Cipta tidak bebas melakuan cover version dapat dilakukan secara hukum administrasi negara yaitu dengan melakukan pendaftaran Hak Cipta lagunya berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Tahun 2014. Di dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 perbuatan tanpa izin mengumumkan ciptaan lagu melalui internet merupakan pelanggaran hak cipta, apalagi jika pelaku cover version mendapatkan keuntungan dari lagu yang memiliki Hak Cipta tersebut Kata Kunci : cover version, Karya Cipta Lagu, Hak Cipta, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Koesrin Nawawie A., S.H., M.H. 2. Hj. Siti Mardiyati, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: cover version, Karya Cipta Lagu, Hak Cipta, Perlindungan Hukum
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 May 2021 03:02
Last Modified: 24 May 2021 03:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.